Wujudkan Kerukunan dan Toleransi Beragama, Kodim Cilacap Bersihkan Klenteng



Cilacap, Jateng | IMC - Sebagai wujud toleransi guna membangun nilai nilai gotong royong di masyarakat, menjelang perayaan Imlek tahun 2574 Kongzili/Tahun 2023, Kodim 0703 Cilacap menggelar kerja bakti bersih bersih tempat ibadah dan membantu persiapan Imlek di sekitar Klenteng yang menjadi tempat ibadah umat Konghucu, yang dalam hal ini bertempat di Klenteng Lam Tjeng Kiong Cilacap, Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jumat (20/01).

Kegiatan tersebut diikuti oleh personel Kodim 0703 Cilacap, Babinsa Koramil 01 Cilacap, anggota Mitra Bina Wijaya (MBW) Cilacap, Organisasi Masyarakat Pemuda Pancasila dan warga masyarakat setempat.

Kegiatan kerja bakti serupa juga dilaksanakan di wilayah Koramil jajaran Kodim 0703 Cilacap lainya yang di lingkunganya terdapat tempat ibadah umat Konghucu atau umat lainya yang sealiran dengan agama tersebut. Seperti halnya di wilayah Kecamatan Kroya dan Adipala yang diikuti oleh Babinsa beserta unsur tiga pilar dan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Danramil 01/ Cilacap melalui Babinsa Tambakreja Sertu Isminanto mengatakan kegiatan bersih bersih tempat ibadah yang dilaksanakan di wilayah binaanya merupakan program Kodim 0703 Cilacap dalam rangka membantu persiapan warga umat Konghucu atau umat aliran yang sama untuk menyambut Hari Raya Imlek tahun 2023.

"Kegiatan ini merupakan sinergitas yang dibangun bersama Kodim 0703 Cilacap dibantu mitra kami dari MBW Cilacap terus ada Ormas PP, masyarakat dan segenap elemen lainya untuk saling membantu , bergotong royong menyiapkan kegiatan perayaan Imlek," katanya.

Selain, bersih bersih sekitar tempat ibadah Klenteng, kegiatan dimaksudkan untuk menjaga nilai nilai gotong royong agar tetap lestari sebagai akar budaya bangsa Indonesia yang saat ini sudah mulai terkikis oleh modernisasi.

Tujuan lainya dari kegiatan ini, sebagai upaya menciptakan kerukunan antar umat beragama di wilayah binaan yang bermuara pada terciptanya suasana aman dan tertib menjelang dan selama perayaan Imlek.

"Kegiatan akan terus berlanjut, dengan kegiatan pengamanan sampai pada puncaknya di Hari Raya Imlek. Kami berharap suasana tetap aman dan kondusif, serta warga bisa melaksanakan ibadahnya dengan aman dan nyaman," imbuhnya.

Sementara itu, Salah satu perwakilan pengurus  Klenteng Lam Tjeng Kiong Cilacap, dalam hal ini Sekretaris Klenteng Koh Efendi mengucapkan terimakasih kepada TNI  Kodim 0703 Cilacap dan seluruh unsur yang terlibat dalam kerja bakti bersih bersih tempat ibadah Klenteng.

" Kami mewakili pengurus Klenteng dan umat yang ada di Cilacap sangat berterimakasih atas kehadiran bapak bapak dari Kodim dan Koramil Cilacap beserta kawan kawan lainya  yang telah meluangkan waktunya membantu kami, membersihkan halaman tempat ibadah kami. Semoga kebersamaan ini terus terjalin dengan baik dan harapanya Kabupaten Cilacap selalu aman dan Kondusif, " harapnya.(Ek) 



Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال