Founder Startup Perikanan FishLog Raih Penghargaan di Himpunan Alumni IPB Awards 2022




Jakarta, IMC
- Sejumlah alumni IPB University kembali menerima penghargaan pada Himpunan Alumni (HA) IPB Awards akhir Desember 2022 di IPB International Convention Center (IICC), Bogor. Penganugerahan HA IPB Awards ini diberikan kepada alumni yang memiliki keunggulan, peran, kontribusi, dan dedikasi pada bidangnya masing-masing. Penghargaan tersebut, diberikan melalui tahapan-tahapan penilaian yang cukup ketat dan tertutup (confidential). Tim penilai terdiri dari beberapa tim independen dari pengurus HA, IPB University dan alumni prominent.


Dalam kesempatan ini, founder dan CEO FishLog, Bayu Mukti Anggara mendapatkan penghargaan Alumni IPB Berprestasi, Kategori Wirausaha Kecil, Mikro dan Start Up. Bayu merupakan alumnus Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Angkatan 50.



“Goals FishLog dalam jangka panjang yaitu bersama negara, kami ingin memimpin konsorsium sumberdaya alam perikanan Indonesia sebagai daya tawar dalam kategori seafood ke kancah dunia. FishLog berperan sebagai enabler perikanan yang menginisiasi ekosistem perikanan dengan mengoptimalkan cold storage (CS)/gudang ikan melalui kerjasama dengan pemilik aset,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai operating system untuk industri perikanan, FishLog bersama-sama membangun infrastructure technology, rumah bagi sesama stakeholder. Saat networks effect semakin besar, semakin besar juga utilitas cold storage yang dapat dioptimalkan.

“Mengenai ketahanan pangan sumberdaya perikanan dan logistik, saat ini FishLog terus membuka peluang (unlocking the potential) dengan mendigitalisasi beberapa cold storage. Total sekitar 5.000 Metrik Ton. Tujuan FishLog lima tahun ke depan, ingin bekerja sama dengan lebih dari 1.000 titik cold storage yang tersebar di kota dan kabupaten seluruh Indonesia,” jelasnya.

Ia melanjutkan, ada dua titik CS di tiap kota dan kabupaten, baik untuk supply maupun demand. Selain itu, imbuhnya, untuk semakin memperluas jaringan bisnis, FishLog terus tampil dan berpartisipasi dalam berbagai pertemuan dan pameran.

“FishLog juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam Japan-Indonesia Innovation Summit 2022 yang digelar oleh JETRO (Japan External Trade Organization) dan Indogen Capital. Acara ini merupakan wadah yang bertujuan untuk menjembatani pertemuan antara korporasi Jepang dengan startup Indonesia,” tuturnya.

Menurutnya, Jepang sebagai negara dengan kemampuan ekonomi terbesar ketiga di dunia, memiliki sejumlah perusahaan venture capital ternama, diantaranya Softbank, JAFCO dan Global Brain. (*/Zul/ Rls)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال