Road Show ke 23 di Pademangan Barat Tiga Tokoh Jakut Ajak Masyarakat Menjaga Nilai Pancasila

 



Jakarta, IMC- Tiga tokoh masyarakat dari Jakarta Utara mengajak masyarakat untuk ikut berperan serta dalam mengingatkan kepada generasi muda, tetap menjaga nilai Pancasila dan rasa nasionalisme, hal itu diungkap dalam kegiatan Taman Diskusi Pancasila di RPTRA Budi Mulya, Jumat (23/12/2022).

Sekretaris Kelurahan Pademangan Barat, Ludfi menjelaskan, ada 4 Pilar Kebangsaan Indonesia yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kami menyambut baik dan mendukung kegiatan ini untuk melaksanakan diskusi dengan peserta melibatkan generasi milenial atau generasi z agar tidak melupakan ideologi kita,”ungkap Ludfi, saat memberikan sambutan.



Sementara pembicara Apek Saiman, Majelis Pertimbangan Organisasi KOM-JU dalam pemaparannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan di 31 Kelurahan di wilayah Jakarta Utara. 


“Mudah-mudahan dengan adanya gerakan ideologi, gerakan masyarakat, generasi muda kita mengingat kembali nilai-nilai Pancasila, rasa nasionalisme dan menjaga adat ketimuran,” tuturnya.

Dari hasil diskusi ini diharapkan dapat lahir suatu hasil yakni, jadikan Kañtor RW sebagai  rumah bersama Pancasila dalam rangka Pendidikan Pancasila di tengah masyarakat, " Kembalikan kurikulum PMP di sekolah dan kita mulai dari Jakarta Utara untuk sàrana pendidikan kepada pelajar," ujarnya.



Ketua FBJP, M.Husin Munir menjelaskan, Forum Budaya Jakarta Pesisir ini melihat dan merasakan serta mengahayati di peradaban zaman sekarang.

" Bahwa kita saat ini sudah tergerus dengan moderenisasi dimana etika yang ada di lapangan dan etika di dalam kehidupan sehari-hari sudah bergeser.


“Kami di ajak oleh rekan-rekan KOM-JU bersama-sama melakukan roadshow ke wilayah untuk sama-sama dan  mengingatkan kembali nilai-nilai seperti Pancasila dan P4, tentu bagi kita sudah hapal semua namun bukan itu yang kita inginkan tapi bagaimana kita mengamalkannya di kehidupan sehari-hari,”ungkap M.Husin Munir.

Dalam kesempatan itu, ia pun berharap dari acara ini upaya membumikan Pancasila.


" Kita semua berharap adanya Rumah Pancasila di Jakarta Utara yang mana implementasi dari Gerakan Membumikan Pancasila ini akan membawa effect positif bagi segala lapisan masyarakat hingga aspek Kondisifitas wilayah Jakarta Utara yang nantinya akan menjadi percontohan bagi wilayah-wilayah lain.

“Dengan hadirnya rumah Pancasila, isinya nanti akan di gagas kembali tentang P4,”kata M.Husin Munir.

“Dengan rumah Pancasila, masyarakat atau kaum milenial yang belum pernah tahu tentang P4, kita akan sosialisasikan kembali ke masyarakat dengan tujuan untuk membangun norma norma atau nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila,”tambahnya.

Sementara itu, pemateri lainnya, anggota Dewan Kota Jakarta Utara, Sahrizal menjelaskan, " Kami mensupport kegiatan diskusi Pancasila ini untuk mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila, karena generasi muda kita butuh bimbingan dan harus tetap mengembalikan marwah nasionalisme anak bangsa," ujarnya.


Menurutnya jika ini terus dilakukan, maka jiwa nasionalisme akan terus tertanam di anak bangsa.


“Jika ini terus dilakukan, saya yakin Jakarta Utara akan menjadi yang pertama dan sebagai barometer dalam menumbuhkan nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme untuk seluruh masyarakat Indonesia,”ungkapnya.

( Muzer/ Rls )


Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال