Pati Jawa Tengah Diterjang Banjir Bandang dan Putting Beliung



 

Jakarta, IMC - Bencana banjir bandang mencapai ketinggian satu hingga dua meter menerjang Wilayah Pati Jawa Tengah pada hari Rabu (30/11/2022) dan Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 146 orang selamat dan 1 meninggal, Kamis (1/12/2022) Pukul 02:20 WIB.

 


Menurut Camat Tambakromo Mirza Nur Hidayat, banjir diawali adanya hujan deras dengan durasi yang cukup tinggi sejak pukul 15:00 WIB. “Tidak beberapa lama, air mulai merambah Desa Sinomwidodo, dan secara perlahan ketinggian air mulai naik hingga mencapai +/-3 meter. Ini yang membuat sebagian warga harus menyelamatkan diri di atas genting” kata Mirza.

Banjir melanda Kecamatan Winong di Desa Danyangmulyo, Padangan, Kropak, Kudur, Gunungpanti, dan Godo dengan ketinggian air mencapai mencapai satu hingga tiga meter. Dampak banjir selain menggenangi rumah warga dan Puskesmas Winong, juga  mengakibatkan jembatan penghubung antar Dukuh di desa Kropak jebol.

Tim SAR gabungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pati bergerak cepat ke lokasi terparah dan langsung melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir.

 

Puting Beliung

Masih Wilayah Pati, dalam waktu yang sama, bencana puting beliung menerjang kawasan utara pesisir pantai Kecamatan Tayu dan Dukuhseti mengakibatkan ratusan rumah rusak di Desa Sambiroto, Tayu Wetan, Bulungan, Pundenrejo, dan Dororejo. 

 

Camat Tayu Imam Rifai menyampaikan tidak adanya korban jiwa dalam peristiwa itu. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, semua warga selamat, meski tadi ada warga yang rumahnya roboh,” jelasnya.

 

Sementara di Desa Dumpil, Camat Dukuhseti Agus Sunarko menjelaskan tidak ada korban jiwa juga di wilayahnya. “Hanya kerugian material saja,” tuturnya.(Rsh/Red).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال