Mahasiswa IPB University Juara 3 Nasional dalam Ajang Hutama Karya (HK) Expertalk Essay Competition Tahun 2022


 

Jakarta, IMC
- Mahasiswa Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB University meraih Juara 3 Nasional dalam Kompetisi Essay Hutama Karya (HK) Expertalk Essay Competition Tahun 2022, (4/12). Kompetisi yang diselenggarakan PT Hutama Karya dengan Science Hunter Indonesia ini mengangkat tema “Mendorong Inovasi Anak Bangsa dalam Implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) di Lingkungan Sekitar”.

 
Event tersebut diikuti oleh sekitar 445 peserta mahasiswa/umum, 245 tim pelajar, 159 universitas/instansi dan 134 sekolah. Tim IPB University yang mengikuti essay ini adalah mahasiswa program magister Teknik Industri Pertanian, Afrinal Firmanda, Prasetyo Hadi Utomo dan Juvianto Dwi Prasetyo, alumni IPB University yang saat ini menempuh Pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB).
 
Dalam essay-nya mereka mengangkat tema "Algae-Industrial Eco-Park: Kawasan Bioenergi Berbasis Alga Terpadu dan Berkelanjutan di Lombok, Nusa Tenggara Barat". Essay ini membahas potensi biofuel berbasis alga yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan di Indonesia mengingat sebagian besar wilayah Indonesia adalah perairan.
 
Afrinal menyampaikan bahwa selama ini biofuel banyak dikembangkan berbasis minyak nabati dari minyak sawit. Namun pengembangannya menimbulkan isu lain seperti deforestasi, ketersediaan lahan dan isu berkelanjutan lainnya.
 
“Essay kami ini dinilai menarik karena melihat dari rancangan kawasan bioenerginya yang menggunakan pendekatan zero waste, cleaner production dan sustainability. Ada empat zona yaitu budidaya alga, biorefinery, peternakan, riset dan pengembangan. Emisi biofuel dari alga dilaporkan lebih rendah. Kami yakin topik ini sangat relevan dengan isu saat ini yaitu terkait keberlanjutan rancangan kawasan Eco-Industrial Park juga dibahas di KTT G20,” ucapnya.  Ia berharap biofuel berbasis alga ini dapat dikembangkan dan dikomersialkan mengingat potensinya sangat menjanjikan dan emisinya yang rendah. (dh/Zul)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال