Kuliah Umum SKHB IPB University, Mahasiswa Pelajari Ilmu Diagnostic Imaging in Avian Medicine




Jakarta, IMC
- Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University belum lama ini menyelenggarakan kuliah umum radiologi dengan tema “Diagnostic Imaging in Avian Medicine” secara online melalui zoom. Kuliah umum ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang tren dan isu terkini yang berkaitan dengan pencitraan diagnostik, terutama pada unggas.


“Pada kuliah umum ini, para peserta akan mendapatkan ilmu-ilmu terkait diagnostic imaging in avian medicine, yakni cara menangani beberapa studi kasus hewan terutama unggas,” ujar Dekan SKHB IPB University, Prof Deni Noviana dalam rilis yang diterima media ini, Jumat ( 9/12/2022 )



Kuliah umum dihadiri oleh sekitar 100 mahasiswa SKHB angkatan 57 dan tim pengajar dari Divisi Bedah dan Radiologi. Pemateri pertama ialah Prof Jalila Abu, DVM dari Universitas Putra Malaysia yang menyampaikan materi tentang Diagnostic Imaging in Avian Medicine. Pemateri kedua ialah Prof Kenji Tani, DVM, PhD dari Yamaguchi University yang memberikan materi tentang Neoplasma of the Vertebrae and Spinal Cord.

“Sebelum melakukan handling dan restrain terhadap unggas, hal-hal yang perlu dilakukan yakni radiology procedures, physical examination, treatment, sample taking dan grooming. Restrain adalah menghalangi gerak atau aksi dari hewan sehingga dapat menghindari serta mengurangi bahaya untuk dokter hewan, asisten, maupun hewan itu sendiri,” tutur Prof Jalila dalam paparannya.

Pada kesempatan itu, ia juga memberikan penjelasan tentang teknik pencitraan pada burung meliputi radiography, ultrasonography, computed tomography (CT) dan magnetic resonance imaging (MRI).

“Melalui kuliah umum ini, kami dapat menambah keilmuan di bidang diagnostic imaging in avian medicine serta kasus-kasus yang akan sering ditangani dalam praktik dokter hewan, terutama unggas,” jelas salah satu mahasiswa yang hadir. (ns/Rz)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال