HUT ke 56 KBPA, Jam Intel Amir Yanto Beberkan Capaian Kinerja: Berkat Rintisan Dan Perjuangan Para Senior



Jakarta, IMC
- Sejumlah mantan pimpinan Kejaksaan RI mengelar syukuran sekaligus bersilahturahmi bersama secara tatap muka dan virtual pada puncak peringatan hari ulang tahun Keluarga Besar Purna Adhyaksa  ( KBPA ) ke 56  di Jakarta, Rabu 21 Desember 2022.


Ketua Umum KBPA Noor Rachmad mengapresiasi acara syukuran tersebut meski sebagian dilakukan secara tatap muka dan virtual di berbagai daerah, namun tidak memutus mata rantai silahturahmi sesama Insan Adhyaksa yang telah purnabakti atau pensiun.



"Kegiatan ini moment penting sebagai warga Purna Adhyaksa pada HUT ke 56 KBPA, ini usia yang bukan waktu yang singkat sebagai manusia, usia cukup mateng. Kita bisa lihat sebuah organisasi yang mateng karena solid, kuat, dan kompak," ujar Noor Rachmad dalam sambutannya saat gelar syukuran HUT ke 56 KBPA.


Dia menjelaskan kepengurusan KBPA saat ini untuk meneruskan kepengurusan sebelumnya dan mampu memberikan harapan kepada purna Adhyaksa dan memberikan sumbangsih kepada Kejaksaan.


"Seperti kita ketahui bersama KBPA sebuah organisasi nirlaba tanpa modal namun tetap eksis. Semoga Pak Jaksa Agung tidak bosan menerima keluhan," ucapnya .


" Saya juga mengapresiasi kepada semua pengurus, saya melihatnya dengan usia yang tidak muda lagi, tapi semangat untuk bekerja dan semangat membesarkan KBPA ini," pesannya.


Mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) dan Jaksa  Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara  (Jam Datun)  itu berharap kedepan perayaan HUT KBPA dapat dihadiri secara tatap muka.


"Insya Allah masa_  masa mendatang kita bisa hadir secara offline dan menghadirkan kita semua dan lebih besar dan diharapkan dapat bekerja dengan optimal sehingga bisa ketemu secara fisik,"  ujarnya.


Sebelum mengakhiri sambutannya Noor Rachmad memberikan pantun sebelum tausiyah dibawakan oleh Ustadz Taufiqurrahman.


"Buah kelapa dimakan dengan jenang, buah kuweni di beli di Matraman, Alhamdulillah KBPA banyak yang senang dan diberikan tausiyah oleh Ustadz Taufiqurrahman," tutupnya.




Perkuat Silaturahmi


Sedangkan Jaksa Agung Burhanuddin dalam sambutannya yang disampaikan Jaksa Agung Muda bidang Intelijen Amir Yanto, adanya pengurus dan anggota KBPA merupakan senior dan mentor bagi Kejaksaan yang telah terlebih dahulu mendarmabaktikan jiwa dan raganya untuk Korps Adhyaksa.


"Tak lupa atas nama pribadi maupun institusi, saya mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia penyelenggara yang telah menginisiasi dan memfasilitasi acara ini sehingga acara ini dapat terlaksana serta berjalan sesuai dengan rencana sehingga semakin memperkuat dan mempererat tali silaturahmi," ucap Burhanuddin melalui Jamintel Amir Yanto.


Amir Yanto juga menyampaikan pada peringatan HUT ke 56 KBPA ini semua diberikan nikmat panjang umur dan nikmat sehat sehingga dapat berkumpul kembali dalam peringatan hari ulang tahun KBPA di tahun berikutnya dengan keadaan yang lebih baik lagi tentunya dalam nuansa kekeluargaan dan persatuan dalam ikatan batin Insan Adhyaksa.


"Memaknai peringatan HUT ke 56 KBPA ini tidak semata-mata hanya sebagai kegiatan rutin tahunan bagi para Purna Adhyaksa, melainkan harus dimaknai sebagai bentuk rasa syukur atas eksistensi Korps Kejaksaan yang saat ini mendapatkan tingkat kepercayaan publik tertinggi diantara lembaga penegak hukum lainnya," tuturnya.


Burhanuddin juga menyampaikan indeks kepercayaan publik terhadap Kejaksaan mencapai 75 % menurut Survei Indikator Politik Indonesia dan mencapai 60 % berdasarkan Lembaga Survei Indonesia (LSI). 


"Selanjutnya Kejaksaan RI juga mendapatkan apresiasi di taraf nasional maupun internasional yang salah satunya dari International Association of Prosecutors (IAP) berupa Special Achievement Awards, yakni penghargaan bergengsi pada tingkat internasional yang hanya didapatkan dua negara di dunia salah satunya Indonesia oleh Kejaksaan RI," paparnya.


Ini kata dia tidak terlepas dari pengabdian dan kerja keras seluruh jajaran Korps Adhyaksa dari seluruh penjuru tanah air. Tentunya, capaian ini menjadi momentum bagi Korps Adhyaksa untuk terus kerja secara nyata untuk mempersembahkan kinerja terbaik dan pelayanan prima bagi masyarakat pencari keadilan.


"Kita semua menyadari segala bentuk prestasi dan keberhasilan yang telah mengantarkan Kejaksaan hingga seperti yang kita saksikan bersama hari ini, tidak terlepas berkat rintisan, hasil kerja, perjuangan dan jerih payah dari apa yang telah dilakukan oleh para senior pendahulu kami. Yang semuanya didedikasikan dengan penuh kesungguhan, ketulusan, keikhlasan serta pengorbanan dan tidak mengenal lelah," ungkapnya.


Pada kesempatan itu Burhanuddin selaku Jaksa Agung menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap KBPA atas semua sumbangsih, kontribusi dan kolaborasi yang telah diberikan bagi eksistensi, kemajuan serta perbaikan institusi Kejaksaan selama ini. 


"Kami patut berbangga memasuki usia yang ke 56 menunjukan eksistensi dan kedewasaan organisasi KBPA.  KBPA senantiasa hadir dalam mendukung penuh tupoksi dan penguatan lembaga guna kebaikan Kejaksaan di masa mendatang," tuturnya.


Jaksa Agung juga mengapresiasi peran KBPA yang hadir di tengah masyarakat dalam meringankan beban saudara yang sedang tertimpa musibah pada kejadian gempa Cianjur beberapa waktu lalu. 


"Ini, merupakan wujud kecintaan dan kepedulian seluruh KBPA kepada masyarakat, bangsa dan negara sehingga sepatutnya semangat tersebut terus ditingkatkan. Meskipun sudah tidak berkarya di korps kita tercinta ini, namun tidak menghalangi untuk terus memberikan pengabdian dan dedikasinya," puji Burhanuddin.


Karenanya dia berharap kepada warga purnabakti Adhyaksa untuk tetap berkiprah dan memberikan sumbangsih pemikiran terutama untuk pembenahan Korps Adhyaksa di masa mendatang. Pengalaman dan perjalanan panjang sangat berharga demi menjadikan institusi ini menjadi lembaga yang profesional dan modern. 


"Kami membuka kesempatan seluas-luasnya ruang diskusi dalam rangka memajukan Korps Adhyaksa yang kita cintai dan banggakan ini," pintanya.


Diakhir sambutannya yang disampaikan Amir Yanto, Jaksa Agung secara nama pribadi dan institusi mengucapkan Selamat Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 bagi seluruh Keluarga Besar Purna Adhyksa yang merayakan. 


"Semoga Natal tahun ini membawa kebaikan dan kedamaian bagi kita sekalian. Sekali lagi kami mengucapkan selamat memperingati HUT ke 56 KBPA kiranya syukuran ini mendapatkan ridho dari Allah Subhanahu Watta’ala, bagi kita semua, khususnya Keluarga Besar Purna Adhyaksa, untuk memperoleh kekuatan serta kemudahan dalam upaya menyempurnakan pengabdian bagi masyarakat, bangsa dan negara," tandasnya.


Hadir pada acara syukuran HUT ke 56 KBPA diantaranya mantan Wakil Jaksa Agung Dr. Darmono, mantan Wakil Jaksa Agung dan Ketua Umum KBPA Sebelumnya dan selaku Dewan Pakar Mochtar Arifin, mantan Wakil Jaksa Agung Dr Andi Nirwanto, Setia Untung Arimuladi sekaligus Wakil Ketum KBPA, serta Dewan Pertimbangan KBPA Suhartoyo, Sesjambin Muhammad Dofir mewakili Jambin Bambang Setyo Rukmono, mantan Jamdatun yang juga Ketua III KBPA Loeke Larasati Agoestina dan para Pengurus Pusat KBPA yang hadir sekitar 50 orang. (Muzer/Tim)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال