LKST IPB University Berikan Pelatihan Manajemen Usaha Bagi 100 UMKM Kota Cilegon




Jakarta, IMC- Sebanyak 100 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kota Cilegon menghadiri pelatihan manajemen usaha yang diselenggarakan oleh Lembaga Kawasan Sains dan Technopark (LKST) IPB University, di Bogor, ( 5-6/11/2022 ). Pelatihan tersebut bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Cilegon.
 
Prof Erika B Laconi, selaku Wakil Rektor Bidang Inovasi dan Bisnis/Kepala LKST IPB University menyampaikan bahwa LKST IPB University mengapresiasi peserta pelatihan yang telah terseleksi oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Cilegon. Ia menyebut, meskipun mayoritas peserta adalah ibu-ibu dengan produk pangan, namun harus tetap selalu semangat, berjiwa muda, dan mau terus belajar.

“Mudah-mudahan semua materi yang disampaikan dapat diterapkan dan memberikan manfaat dalam meningkatkan kinerja usaha para UMKM, didukung pula melalui kegiatan pendampingan dari tim LKST,” lanjutnya.
 
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Cilegon, Drs Agus Ubaidilah, menyampaikan bahwa 100 UMKM peserta yang mengikuti pelatihan telah melalui tahapan seleksi yang panjang. “Ikutilah pelatihan selama dua hari ini dengan serius dan bersunggung-sungguh, karena ilmu, pengetahuan dan keterampilan itu mahal, dan tentunya akan sangat bermanfaat untuk menunjang usaha Ibu Bapak semua,” katanya.  

Ia menyebut, sesuai dengan tema pelatihan kali ini, artinya peserta akan dilatih bagaimana teknis pengelolaan usaha. “Semoga sebagian besar atau bahkan seluruh peserta, usahanya terus berlanjut dan berkembang, bukan hanya sekedar ingin mendapatkan bantuan dari pemerintah,” lanjutnya.
 
Sebanyak delapan materi disampaikan pada pelatihan ini antara lain: 1) Motivasi Bisnis -Aang Permana, 2) Legalitas Produk dan Ijin Edar Produk - Dr Rokhani Hasbullah, 3) Pengembangan Bisnis Berbisnis Inovasi - Dr Roza Yusfiandayani, 4) Manajemen Usaha: Action Plan – BMC – Business Plan - Deva Primadia Almada, SPi, MSi, 5) Manajemen Produksi dan Operasi - Dadang Tresnakusuma, STP, 6) Kemitraan dan Jejaring Bisnis - Dr I Ketut Mudite Adnyane, 7) Pemasaran Offline dan Online - Fikri Azali, STP, dan 8) Manajemen Keuangan - Fiona Hanberia Innayah, Shut, MSi.
 
Sebagai tindak lanjut kegiatan pelatihan, Deva Primadia Almada, asisten bidang Inkubator LKST IPB University menerangkan, akan dilakukan kegiatan pendampingan secara berkala oleh tim LKST IPB University. Fokus kegiatan pendampingan adalah penyusunan Rencana Aksi, Business Model Canvas (BMC), Standard Operating Procedure (SOP) Produksi, desain kemasan, pemasaran, dan jejaring usaha. Tidak hanya itu, di akhir program, nantinya akan dilaksanakan kegiatan expo produk dan business matching  untuk memperkenalkan produk dan mendapatkan mitra bisnis baik investasi, buyer, bahan baku ataupun mitra lainnya. (stpipb/ RSH)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال