Disparekraf DKI Sukses Selenggarakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan Kegiatan/Event bagi ASN


Jakarta, IMC - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf)  DKI Jakarta sukses selenggarakan bimbingan teknis (bimtek) Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan Kegiatan/Event bagi ASN di Provinsi DKI Jakarta selama tiga hari. Bimtek digelar di Artotel Suites Mangkuluhur, Jalan Gatot Subroto Kav. II No. 3, Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan pada hari Rabu-Jumat, 16-18 November 2022.


Sebanyak 50 peserta yang berasal dari berbagai OPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Mulai dari ASN di lingkungan Disparekraf itu sendiri yang terdari dari pejabat eselon 3 yakni para Kepala Suku Dinas (Kasudin), para Kepala Bidang (Kabid) serta para staff potensial lainnya. Selain itu, OPD lain juga mengirimkan perwakilan ASNnya untuk mengikuti bimtek diantaranya dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta sebanyak 2 orang. 


Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan Biro Kerja Sama Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta masing-masing mengirimkan 1 (satu) orang untuk mengikuti bimtek selama 3 hari. Sementara itu, Dinas Kebudayaan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, dan Biro Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta masing-masing mengirimkan 2 (dua) orang ASN.


Secara umum, gambaran kegiatan ini terkait dengan pentingnya peran Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam mendukung suksesnya sebuah event yang diselenggarakan di daerah, dibutuhkan langkah untuk meningkatkan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam perencanaan dan pengelolaan event yang baik. Oleh karenanya, dengan  alokasi dana dekonsentrasi tahun anggaran 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta melaksanakan “Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan Kegiatan/Event bagi ASN di Provinsi DKI Jakarta.”

Dalam kegiatan tersebuut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah menyusun 8 (delapan) materi, lengkap dengan worksheet yang akan dikerjakan pada masing-masing sesi pembekalan materi. Materi akan disampaikan oleh narasumber dari Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI) Jawa Barat dan Badan Perwakilan Wilayah Ikatan Asesor Profesional Indonesia (IASPRO) Bali yang sudah memperoleh sertifikasi Training of Trainers (ToT). Delapan materi tersebut terdiri dari: (1) Event Idea and Concept, (2) Event Stakeholder, (3) Operasional dan Pelayanan Event, (4) Pemasaran Event, (5) Rencana Anggaran dan KAK, (6) Manajemen Risiko Event, (7) Kebijakan dan Regulasi Event, dan (8) Monitoring dan Evaluasi Event.

Dengan cakupan pariwisata memiliki dimensi yang sangat luas sehingga event yang dapat menarik wisatawan ke Jakarta bukanlah andil dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif semata. Semoga dengan meningkatnya kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN), meningkat pula kualitas event daerah yang dapat menjadi simpul kemajuan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta.

Acara dibuka oleh Helma Dahlia, Sekretaris Dinas Parekraf pada Rabu, pukul 08:22 diawali dengan membacakan sambutan Kepala Dinas kemudian dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta sebagai simbol kegiatan Bimtek resmi dibuka. Kegiatan bimtek diisi oleh tiga narasumber, yakni Dr. Ni Made Eka Mahadewi,  M.Par.,CHE dari BPW IASPRO Bali,  Marsianus Raga, MM. Par., CEE. dari ASPERAPI Jawa Barat dan Dewi Alice Lydia Gontha, M.Si., Direktur Utama PT Java Festival Production sebagai praktisi dibidang penyelenggaraan event internasional. (red)



Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال