Disparekraf DKI Gelar Workshop Pengembangan Ekonomi Digital dan Produk Kreatif bagi ASN

Jakarta, IMC - Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov DKI Jakarta mengikuti Workshop Pengembangan Ekonomi Digital dan Produk Kreatif bagi ASN Provinsi DKI Jakarta Tahun 2022. Workshop berlangsung selama 2 (dua) hari (8-9 November 2022) di Artotel Suites Mangkuluhur, Jalan Jend. Gatot Subroto Jakarta Selatan. Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta yang diikuti oleh ASN dari Disparekraf dan Dinas PPKUKM DKI Jakarta.Pelaksanaan Workshop Pengembangan Ekonomi Digital dan Produk Kreatif bagi ASN yang merupakan program kerja dekonsentrasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Tahun Anggaran 2022.
Pembangunan ekonomi kreatif Indonesia harus dilakukan secara sinergi antara pemerintah Pusat dan Daerah. Salah satu kunci keberhasilan pembangunan ekonomi kreatif adalah apabila dampak dari pembangunan ekonomi kreatif mampu menyentuh pada pembangunan ekonomi masyarakat. Keberhasilan pembangunan ekonomi kreatif perlu didukung oleh kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN), bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang unggul, oleh karena itu, kompetensi para ASN bidang pariwisata dan ekonomi kreatif ini harus dikembangkan sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi yang ada.

Urusan pengembangan kompetensi ASN bidang ekonomi kreatif di daerah-daerah tidak bisa hanya dibebankan kepada pemerintah daerah, namun sesuai prinsip-prinsip otonomi daerah, Pemerintah Pusat perlu melibatkan diri dan mendukung proses pengembangan kompetensi ASN dimaksud agar setiap daerah memiliki ASN bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang unggul. Hal ini salah satunya dilakukan melalui program dekonsentrasi.
Penyelenggaraan urusan pemerintahan di daerah melalui kebijakan dekonsentrasi sudah dilakukan jauh sebelum Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah berlaku. Bahkan pada saat pemberlakukan Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah yang dipandang amat desentralistik, dekonsentrasi juga sudah diimplementasikan.
Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/ Baparekraf) bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, sesuai tugas dan fungsinya memiliki peran penting dalam mewujudkan produk kreatif unggulan di seluruh wilayah Indonesia khususnya di Provinsi DKI Jakarta. Untuk dapat mendorong terciptanya produk–produk kreatif yang unggul dan bernilai tambah tinggi tentu harus didukung oleh ASN bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang kompeten dan berkualitas.

Sesuai dengan tugas dan fungsi yang dalam mengembangkan produk kreatif unggulan tersebut, maka Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/ Baparekraf dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta terus bersinergi secara aktif berupaya mengembangkan kompetensi dan kualitas ASN bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Melalui mekanisme dekonsentrasi merupakan langkah terbaik dalam pengembangan kompetensi ASN bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah. Dengan program workshop pengembangan bidang ekonomi digital dan produk kreatif bagi ASN ini, diharapkan mendorong terciptanya produk-produk kreatif unggulan yang berkontribusi terhadap perekonomian nasional.
Adapun maksud dan tujuan dari pelaksanaan Workshop Pengembangan Ekonomi Digital dan Produk Kreatif bagi ASN Provinsi DKI Jakarta Tahun 2022 adalah untuk :
1. Meningkatkan pemahaman terkait pengembangan Ekonomi Kreatif, potensi dan dampak yang ditimbulkan di daerahnya/wilayahnya.

2. ASN melaksanakan kebijakan pengembangan Ekonomi Kreatif di Jakarta pada pelaku ekonomi kreatif.

3. ASN memahami substansi terkait ekonomi kreatif sehingga dapat mendorong lahirnya program dan kebijakan di sektor ekonomi kreatif yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat. (Adin)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال