Tim SAR Terus Lakukan Pencarian Mahasiswi IPB Bogor yang Hilang Terseret Arus Hingga Gelar Doa Bersama Untuk Korban

 

Tim Sar terus melakukan pencarian terhadap korban hanyut kebawa air deras, saat hujan mengguyur kota Bogor beberapa waktu lalu.


 

Bogor, IMC – Tim SAR gabungan terus berupaya melakukan pencarian Adzra Nabila, mahasiswi Sekolah Vokasi IPB Bogor yang hilang usai terbawa arus dan terperosok ke dalam saluran air jalan Dadali, Kota Bogor. Selasa (11/10/2022) sekitar pukul 16:00 WIB. Saat hujan deras mengguyur.

Peristiwa itu terjadi saat hujan deras mengguyur Kota Bogor dengan intensitas hujan yang tinggi, pada Selasa lalu yang menyebabkan sejumlah wilayah di Kota Bogor ketika itu banjir, longsor dan di beberapa ruas jalan tergenang air cukup tinggi.


Jalan Dadali yang terletak antara jalan Pemuda dan jalan Achmad Yani itu digenangi air setinggi mata kaki orang dewasa. Tepat ditikungan jalan Pemuda ke Dadali sangat tajam dan batas antara jalanan dan saluran air  sama sekali tidak terlihat di saat pengendara mencoba menerobos jalan dengan kondisi tersebut, tiba-tiba terperosok ke dalam saluran air itu, lalu terseret arus yang cukup deras. Sekejap, ia bersama sepeda motornya hilang.


Tim search and rescue (SAR) gabungan kemudian dibentuk untuk mencari korban hilang itu. Pencarian korban dimulai dengan menyusuri lokasi hingga radius 100 meter dari titik ia terjatuh. Upaya tersebut belum membuahkan hasil. Korban belum ditemukan.


Tim SAR kemudian memperluas pencarian dengan menyusuri aliran air hingga ke aliran Sungai Ciliwung. Lagi-lagi, petugas belum bisa menemukan korban. Namun, dari tiga hari proses pencarian, petugas menemukan beberapa barang yang diduga milik korban, mulai dari helm, pelat nomor kendaraan, hingga spion motor.

Dari plat nomor tersebut terungkaplah bahwa korban bernama Adzra Nabila yang merupakan mahasiswa IPB University semester 5. Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Theofilo Patrocinio dan “Korban merupakan warga Cilebut timur blok AH No. 8RT 05 RW 013,Cilebut timur Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,” ucap Theo.


“Kami melakukan pencarian di beberapa titik lokasi lainnya. Pencarian juga dilakukan hingga ke perbatasan wilayah Kabupaten Bogor,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Theofilio Patricio Freitas, Rabu (12/10/2022).

Theo menambahkan, regu penyelam juga diterjunkan untuk mencari korban. Namun, diakuinya, medan yang dihadapi petugas cukup berat, selain faktor cuaca. Hingga malam hari, Adzra masih belum ditemukan. Pencarian akan dilanjutkan kembali pada Kamis (13/10/2022) pagi.

"Besok pagi, kita akan lakukan upaya gabungan untuk tim pencarian kepada mahasiswi IPB yang terseret aliran air di Jalan Dadali. Pagi besok akan kita lakukan rakor termasuk langsung pencarian, termasuk juga penelusuran," kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim kepada detikNews, Rabu (12/10/2022).



Penelusuran kemarin tidak membuahkan hasil lantaran hujan deras terus mengguyur Kota Bogor. Pemkot Bogor kemudian memutuskan untuk melanjutkan pencarian pada hari Kamis dengan bantuan alat berat.

"Karena sampai hari ini hujan deras, kita tidak berani. Tadi pagi kita sudah lakukan penelusuran, besok akan kita lakukan penelusuran, termasuk juga dengan bantuan alat berat," ujarnya.

Diketahui, pencarian juga sudah dilakukan sejauh 150 meter dari titik awal kejadian. Namun, pencarian sementara dihentikan melihat risiko dari potensi adanya reruntuhan baru. Hingga berita ini tayang, Adzra masih belum ditemukan.


Di sisi lain, undangan doa bersama diinisiasi BEM Sekolah Vokasi IPB Bogor diselenggarakan pada Kamis, 13/10/2022 pukul 20:00 WIB. Hingga selesai melalui zoom meeting 🔗 ipb.link/bemsv-doabersama dengan adanya berita duka pada salah satu Mahasiswa IPB yang hilang terbawa arus banjir pada Selasa (11/10/2022), Saudari Adzra Nabila (Ekowisata 57).

Doa mengundang seluruh civitas akademika IPB University dalam rangka, Doa Bersama untuk Adzra Nabila yang pada saat ini masih dalam pencarian Tim SAR dan belum ditemukan.

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini Saudari Adzra dapat segera ditemukan dalam kondisi terbaik dan seluruh kegiatan pencarian diberi titik terang. (Rachman Salihul Hadi/Redaksi).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال