Terbit bulan ini, Novel Roaming bawa nama Bjorka dalam talkshow pelopor film tokoh LEKRA

 

 


Novel Roaming the Seven Heaven

 

Jakarta, IMC- Novel grafik berjudul Roaming the Se­ven Heaven – Areta Jelajah Tujuh Langit bakal di­lun­­cur­kan, pada Jumat 23 November 2022 di Sinematek Indonesia, Pusat Perfilman H Usmar Ismail, Ku­ni­ngan, Ja­karta. Novel ini membawa nama Bjor­ka, hacker yang belakangan meng­he­boh­kan Indonesia karena mem­beberkan data di­gital di bawah perlindungan negara.

Dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Senin ( 19/9/2022 ) dalam novel itu, nama Bjorka digambarkan sebagai pe­latih kuda yang memandu penjelajahan seorang gadis muda dewasa bernama Areta, menembus ruang dan waktu serta melintasi berbagai peristiwa di Semesta Jagat Maya.

Novel setebal 230 halaman yang dilengkapi gambar-gambar ilustrasi itu, merupakan karya ter­ba­­ru pengarang Akhlis Suryapati yang juga dikenal sebagai sutradara film. Tahun 2020 lalu Akhlis Suryapati meluncurkan  buku non-fiksi 100 Orang Kuat perfilman Indonesia – 100 Most Powerful Person in Indonesian Film Industry setebal 460 halaman.

Peluncuran novel Roaming  bersamaan dengan acara talkshow Unforgotten Action – Bahtiar Siagiaan, sutradara film yang juga tokoh Lekra, organisasi kesenian yang berafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia. Unforgotten Action diselenggarakan ketiga kalinya, setelah bulan-bulan sebelumnya membicarakan pelopor film tak terlupakan Wim Umboh dan Anjar Asmara.

Seperti karya film Akhlis Suryapati berjudul Enak tho Zamanku (2018), novel Roaming memiliki multitafsir yang menggambarkan situasi terkini dengan referensi peristiwa-peristiwa masa silam. Ceritanya dimulai dari kebangkitan kembali Gadis Berkuda Berpedang Cahaya bernama Areta dari Ju­rang Songgo Langit Puncak-29 Pegunungan Muria, Epicentrum Tanah Jawa.

Setelah kematian se­lama sem­bilan musim purnama dalam pertarungan melawan monster kebencian bertanduk kambing Giring Ger­hana, pemimpin Pasukan Penebar Kegelapan. Tokoh Giring Gerhana digambarkan se­bagai kaki tangan Oligarki Kroni Iblis kekaisaran Jaka Angkara. Penjelajahan Areta adalah untuk me­nemukan kembali Kunci Lima Sandi yang memiliki akses menuju Pintu Kehidupan Surga seba­ga­i­ma­na dijanjikan Tahta Tertinggi melalui Majlis Sembilan Utusan, elite politik kekhalifahan Tanah Jawa.

Novel Roaming bergenre petualangan fantasi, bertutur lintas zaman dan waktu, dari kisah per­mu­­laan diturunkannya Adam dan Hawa ke Bumi, pemusnahan massal kota Sodom Gomora, ter­be­lah­nya daratan Pulau Mondoliko dari Tanah Jawa, hingga cerita berlatar-belakang kekinian tahun 2024 ten­tang kehidupan  Areta sebagai siswa SMA di tengah suasana politik Negeri-062 yang penuh intrik.  

Diketahui, munculnya tokoh bernama Bjorka, menurut Akhlis Suryapati, merupakan bagian dari pem­fik­si­an fakta kekinian  yang biasa dilakukan para pengarang dalam menulis karya sastra.

“Imajinasi fiksi dimulai dari realitas dan fakta,” kata Akhlis Suryapati. “Itu biasa dalam karya-karya sastra. Trend novel sekarang disertai visualisasi grafik, saya mengikuti trend itu, penulisannya juga  berusaha mengikuti gaya buku-buku novel masa kini yang ringan-berisi.” Imbuihnya.

Diterbitkan oleh Jakarta International Film Epicentrum, Novel Roaming dilabel dengan harga Rp 100.000, saat ini dicetak secara terbatas, diedarkan melalui jalur khusus, termasuk melalui penjualan online melalui Tokopedia. ( Tim/ Red )

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال