Pemerintah Akan Bagikan Paket Kompor Listrik Gratis Seharga Rp 2 Juta

 

Foto Ist

Jakarta, IMC – Pemerintah memastikan akan memberikan paket kompor listrik kepada 300.000 penerima. Adapun paket tersebut diberikan secara gratis sebagai implementasi dari program konversi kompor yang menggunakan elpiji 3 kg ke kompor listrik. 


Pemerintah akan memberikan paket kompor listrik secara gratis seharga Rp. 2 juta  kepada 300 ribu rumah tangga yang terdaftar. Paket berisi 1 kompor, MCB dan alat masak.


Sekjen Kementerian ESDM Rida Mulyana mengungkapkan, paket kompor listrik diberikan kepada masyarakat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).


“Rencananya tahun ini akan diberikan kepada 300 ribu penerima, jadi, satu rumah dikasih satu paket, kompornya sendiri, alat masaknya sendiri, dayanya dinaikkan,” ujarnya saat ditemui usai rapat dengan Banggar DPR, Selasa (20/9/2022).


“Perencanaan awal, sama-sama dua tungku, awalnya 800 watt, sekarang mau dinaikkan lagi, salah satunya 1.000 watt. Jadi biar masaknya lebih kencang, dan jika perubahan daya dilakukan, maka, akan ada tambahan anggaran untuk satu paket kompor listrik, misalnya, saat ini dengan daya 800 watt itu Rp1,8 juta, maka dengan daya 1.000 watt bisa mencapai Rp2 juta per paket,” katanya.


Dilansir dari Antara, Menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan,  pemerintah tidak mungkin langsung menghapuskan kompor gas LPG. Sebab, masih ada masyarakat dan pedagang asongan yang bergantung dengan bahan bakar gas.


Infrastruktur serta ekosistem gas LPG saat ini, seperti agen gas LPG dan lainnya yang telah dibangun sejak lama juga tidak boleh langsung dihentikan, karena mereka juga merupakan bagian dari ekonomi Indonesia. ( Rachman Salihul Hadi )



Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال