Pembangunan Ekonomi dan Pancasila

 








Lhokseumawe, IMC - Dengan kesibukan sebagai Anggota MPR RI Bang Muslim, sapaan akrabnya, tak pernah berhenti bertemu dan berkunjung ke Dapil Aceh II untuk melakukan kegiatan terutama Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang menjadi program MPR RI dalam menumbuhkan maupun menegakan pandangan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.


Masyarakat Aceh Utara menjadi tujuan dan sasaran dalam kegiatan kali ini bertempat di Station Coffee Lhokseumawe tepatnya 31 Juli 2022. Antusias masyarakat Aceh Utara dalam menghadiri Sosialisasi cukup banyak dan ada juga Kader Partai Demokrat ikut hadir.


Dalam sesion pertama Bang Muslim memaparkan bagaimana Pancasila memperkuat pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarkat dalam pandangan Pancasila.


Ekonomi itu pemerataan dan keseimbangan kehidupan untuk mencapai tujuan bernegara dan berbangsa sehingga dikotomi kelas kaya dan miskin tidak ada jurang yang begitu tajam serta bukan karena sistem yang mengakibatkan menjadi miskin, ungkap Bang Muslim.


Lanjut Bang Muslim, Pancasila memiliki prinsip menegakan dan melahirkan sistem yang berkeadilan maupun membangun ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat dengan jalan ekonomi yang berpandangan ekonomi kerakyatan dengan potensi SDM dan modal sosial daerah yang dimiliki.


Dodi, warga muara batu, menanggapi pemikiran-pemikiran yang terurai dalam Sosialisasi 4 Pilar kali ini bahwa Pancasila garisnya sangat jelas keberpihakan atas terwujudnya kesejahteraan rakyat dan pembangunan ekonomi bagi masyarakat ditengah kelemahan-kelemahan ekonomi global yang sangat tergantung maupun terpengaruh para pemodal besar.


Bagaimana Pancasila memperkuat prinsip ekonomi bangsa dan menggali desa sebagai kekuatan ekonomi baru dalam menghadapi tantangan zaman?, ungkap Dodi.


Menanggapi pertanyaan yang muncul dari beberapa peserta Bang Muslim dalam sesion terakhir ini merangkum dalam sebuah pemikiran bahwa Pancasila sebuah pandangan pedoman berbangsa dan bernegara yang tidak akan tenggelam oleh tantangan zaman apapun karena memiliki nilai keberpihakan yang jelas yakni keadilan dan kesejahteraan dimana sistem yang menjadikan negara maupun bangsa melindungi rakyatnya untuk menikmati maupun menjalani kehidupan dalam nafas tujuan bernegara dan berbangsa yang berideologi.


Pancasila memiliki tanggungjawab menghadirkan pembangunan ekonomi rakyat yang berkeadilan dan kesejahteraan bagi rakyat dengan sistem yang tidak terdistorsi kaya maupun miskin, menurut Bang Muslim diakhir menutup Sosialisasi 4 Pilar ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال