Badiklat Kejaksaan Gelar Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Ragunan

 


Sekretaris Badiklat Dr. Jaya Kesuma menjadi Inspektur Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Jakarta, IMC
- Badan Pendidikan dan Pelatihan ( Badiklat ) Kejaksaan RI menggelar upacara bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan tema “ Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” berlangsung di lapangan apel kampus A Badiklat Kejaksaan RI, Ragunan, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Upacara bendera dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia tersebut dipimpin oleh Sekretaris Badiklat Jaya Kesuma mewakili Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI Tony Spontana yang mengikuti upacara HUT ke-77 RI bersama Jaksa Agung  dan para pejabat eselon I di Kejaksaan Agung.

Upacara bendera Merah Putih di Badiklat diikuti pejabat eselon II dan III, seluruh struktural dan fungsional pegawai dilingkungan Badiklat, serta seluruh peserta PPPJ ( Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa ) gelombang I dan II Angkatan 79 tahun 2022.


Adapun bertindak sebagai inspektur upacara Sesbadiklat Jaya Kesuma dan selaku komandan upacara Manto Jaka fungsioanl. Upacara diawali dengan  Penghormatan kepada inspektur upacara, dilanjutkan dengan laporan pemimpin/ komandan upacara.

Selanjutnya Pengibaran bendera Merah Putih yang dilakukan oleh peserta PPPJ gelombang I dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlawan yang dipimpin langsung oleh inspektur upacara sesban Diklat Jaya Kesuma, dilanjutkan dengan Pembacaan naskah Pancasila diikuti seluruh peserta upacara.

Sementara Pembaca naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 oleh peserta PPPJ Gelombang I angkatan 79.


Dalam sambutannya, Sesban Diklat Jaya Kesuma menyampaikan peringatan Hari Ualang tahun ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 kali ini dengan tema ’ Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

“ Tema tersebut mengajak kita semua untuk tetap tangguh menghadapi segala cobaan dan kemudian dengan perlahan lahan tumbuh lebih baik,” ujar Jaya Kesuma.

Menurutnya, Tema tersebut sangat tepat dalam menjawab tantangan dan situasi saat ini, khususnya dalam memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia yang profosional dan brintegritas.Karena semua harapan tersebut hanya akan dapat dicapai dengan tekat kuat dan melakukan perubahan untuk meraih kemakmuran. Tema ini diharapkan juga dapat dijadikan sebagai pintu masuk untuk upaya mengatasi berbagai persoalan yang masih dirasakan dalam pengembangan SDM.

Dikatakan, Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,tutur Jaya Kesuma,  sesungguhnya mengandung perwujudan praktis, dari sebuah gerakan, pandangan yang mencakup pola pikir, karakter dan sikap mental. Semua itu bukan hanya berlaku untuk rakyat, namun harus menjangkau dan mengikat para penyelenggara negara yang memiliki tanggungjawab, baik secara moral maupun konstitusional untuk harus bekerja dengan jujur, tanpa pamrih, kecuali semata mata bekerja melayani rakyat secara paripurna.

“ Tema tersebut juga sejalan dengan tema peringatan Hari Bhakti Adhyaksa kita tahun ini yakni” Kepastian Hukum, Humanis menuju Pemulihan Ekonomi” mengandung makna bahwa Kejaksaan selaku institusi penegak hukum dalam bekerja hendaknya didasarkan dan memiliki idealisme, nilai dan citra,” bebernya.

“ Idelaisme dimaknai bahwa setiap insan Adhyaksa harus dapat mengabdikan dirinya menjadi pembela rakyat, berpihak kepada kebenaran dan keadilan,” imbuhnya.

Sementara, lanjut Jaya, Nilai artinya apa yang ditugaskan oleh negara kepada lembaga Kejaksaaan harus dapat memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi rakyat yang hasilnya dapat dirasakan oleh rakyat, sedangkan Citra diamksudkan bahwa apa yang dilakukan Kejaksaan RI harus dapat memeprlihatkan jati dirinya sebagai jajaran penegak hukum yang bermartabat dan terpercaya yang dekat dan mengutamakan untuk selalau membela kepentingan bangsa dan negara.

“ Semua itu mendorong Kejaksaan RI untuk harus melaksanakan karya nyata secara konsisten dan berkesinambungan melalui pengembangan SDM yang optimal, baik dan benar guna menghadapi dan mngimbangi berbagai kenyataan dan kondisi yang semakin kompleks dan beragam ditengah masyarakat” terangnya.

Berbagai tantagan tersebut rasanya hanya akan dapat diatasi apabila kita mampu bersikap profesioanal, berdisiplin tinggi dan memiliki integritas moral, didukung dengan kematangan diri, sadar, memahami dan menguasai apa yamg menjadi tugas. Kewenangan dan tanggung jawabnya.

Untuk saat ini, guna mengisis kemerdekaan yang berhasil direbut dengan penuh pengorbanan oleh para pejuang kemerdekaan bangsa, diperlukan perubahan mendasar pada sikap dan perilaku semua komponen.

 “ Untuk itulah saya senantiasa mengingatkan agar kita secara berkelanjutan meningkatkan integritas moral dan keimanan yang tercermin didalam sikap dan perilaku sesuai doktrin Tri Krama Adhyaksa, disertai upaya peningkatan performance atau kinerja melalui peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan profesionalisme secara terus menerus guna mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kejaksaan, Sebagai upaya meningkatkan pengabdian dengan melaksnakan tugas secara ikhlas dan sungguh sungguh sehingga keberadaan Kejaksaan dilihat secara nyata dan hasil kerjanya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelasnya.

Mengakhiri amanatnya Inspektur upacara mengajak untuk jadikan institusi Kejaksaan sebagai sebuah lembaga penegak hukum terdepan yang terpercaya dalam mengisi pembangunan khususnya menegakan supremasi hukum dan hak asasi manusia berdasarkan keadilan dan kebenaran yang menjadi dambaan setiap orang, agar dengan demikian akan mendorong sikap dan perilaku masyarakat yang taat pada hukum, yang menjadi salah satu kunci kesuksesan dan kemajuan bangsa demi mendukung kelangsungan pembangunan ekonomi menuju peningkatan kesejahteraan bagi segenap warga masyarakat. ( Muzer )

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال