Mempunyai Potensi SDA, Kementan Kucurkan Dana Rp 21,93 M Untuk Perkebunan Kelapa dan Pala di Sulut




Jakarta, IMC
- Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian ( Irjen Kementan), Dr. Jan Maringka, mengatakan, Kementerian Pertanian telah mengucurkan anggaran sebesar Rp21,93 miliar, untuk wilayah Sulawesi Utara (Sulut) guna untuk peremajaan tanaman kelapa dan pala.

“ Kementan telah memberikan bantuan kepada Satker Provinsi Sulut melalui APBN Direktorat Jenderal Perkebunan sebesar Rp21,93 miliar untuk 1.100 hektare bibit pala, dan 900 hektare bibit kelapa,” kata Jan Maringka saat memberikan keterangan kepada wartawan Jumat ( 20/5/2022).

"Kelapa merupakan komoditas andalan utama Sulut yang mempunyai potensi sumber daya alam yang besar pada sektor pertanian, sekaligus berpotensi pada produk turunan kelapa untuk diekspor." Sambungnya.

Jan pun mencontohkan berangkat dari filosofi pohon kelapa, katanya, untuk melaksanakan program pertanian perlu peran dari setiap unsur, “ Mulai dari para petani, pengusaha, dan kita semua,” ucapnya.

Sebagai sebuah sistem, kinerja satu pihak akan berpengaruh terhadap kinerja pihak lain dan tidak ada yang paling berperan dalam membangun pertanian, semua memiliki peran masing-masing dan setiap peran sama pentingnya.

Menurut Jaksa Utama yang dikaryakan di Kementan, hal itu senada dengan yang disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, bahwa untuk mengurus negeri yang sangat besar tidak gampang, sehingga diperlukan kebersamaan.

Mentan berharap kerja sama aparat pengawasan intern pemerintah dan aparat penegak hukum dalam menjaga ketahanan pangan bisa berjalan dengan baik dengan prinsip kemitraan, kesetaraan, dan kebersamaan.

"Mentan berterima kasih atas kerja keras para petani, peternak, pekebun, dan pelaku usaha pertanian di seluruh Nusantara, serta penghargaan dan apresiasi kepada para petugas pertanian di seluruh NKRI, baik staf Kementan maupun petugas daerah, dan segenap insan pertanian yang telah menyiapkan, menghasilkan dan menyalurkan produk pertanian kita," ujar jan Maringka.

Jan Maringka menyebut bantuan Kementan tersebut menyebar di Kabupaten Minahasa Utara sebesar Rp1,7 miliar.

Bantuan yang didistribusikan kepada masyarakat antara lain bibit kelapa genjah seluas 150 hektare (16.500 cikal), bibit kelapa dalam seluas 100 hektare (11.000 cikal), bangunan dan mesin UPH penyulingan minyak atsiri pala (satu unit), pemeliharaan kebun induk tanaman pala (dua hektare), pemeliharaan blok penghasil tinggi dan pohon induk terpilih tanaman kelapa seluas enam hektare.

Penyerahan bantuan secara simbolis diberikan kepada Kelompok Tani Maju Bersama, Kelurahan Ranomea, Kecamatan Amurang Timur, Kabupaten Minahasa Selatan seluas lima hektare, bantuan yang diterima mencakup 550 cikal kelapa dan pupuk organik sebanyak 1.000 kilogram.

Bantuan serupa juga diterima Kelompok Tani Taruna Lolombulan, Desa Raanan Baru, Kecamatan Motoling Barat, Kabupaten Minahasa Selatan, Kelompok Tani Wangunen, Desa Warukapas, Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara, dan Kelompok Tani Pinasungkulan, Desa Tountalete, Kecamatan Kema, Kabupaten Minahasa Utara. ( Muzer/ Rilis/ Net)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال