Asisten Ekonomi dan Pembangunan Aceh Tamiang, Hadiri Perlombaan Kelompok Tani

 




Aceh Tamiang, IMC - Kelompok tani Tani Jaya, Kp. Tanah Terban, Kec. Karang Baru menjadi kelompoktani terbaik di Aceh Tamiang. Predikat ini disampaikan kemarin, Rabu (30/3/22), dalam acara perlombaan kelompoktani dan penyuluh pertanian Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2022, di areal persawahan Poktan Tani Jaya, Tanah Terban, Karang Baru.


Asisten Ekonomi dan Pembangunan, dr. Catur Haryati yang hadir mewakili Bupati Mursil menyampaikan apresiasi kepada para peserta dan pemenang lomba. Disebutkannya, meski dalam keterbatasan kondisi akibat pandemi, pemkab tetap berupaya mendorong peningkatan ekonomi petani Bumi Muda Sedia.


Dijelaskan Catur, Perlombaan Kelompoktani dan Penyuluh Terbaik ini, merupakan salah satu dari sekian banyak perhatian Pemerintah Kabupaten aceh tamiang kepada Petani/kelompoktani dan para ujung tombak SDM pertanian yaitu penyuluh Pertanian lapangan (PPL).


“Perlombaan Kelompoktani dan Penyuluh Terbaik ini untuk memacu dan memotivasi petani dalam kegiatan usahataninya sesuai dengan petunjuk teknologi pertanian,” kata Catur.


Kepada para kelompoktani dan penyuluh yang mendapatkan apresiasi, Catur mengajak supaya terus meningkatkan kemampuan di pelbagai keahlian, supaya mampu menghadapi era disrupsi dunia hari ini.


Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, Safuan mengatakan, Lomba Kelompoktani dan Penyuluh Pertanian hari ini dipersiapkan dengan waktu yang singkat. Meski demikian, katanya, hal itu tidak mengurangi bobot dan kualitas perlombaan yang digelar.


“Saya berterima kasih kepada panitia yang telah menilai kelompoktani dan penyuluh pertanian di 11 Kecamatan. Hari ini kami punya simbolis Penyuluh Hebat, Petani Sukses. Mari sama-sama kita bekerja untuk meningkatkan hasil produksi untuk dalam daerah maupun ke luar daerah,” ucap Safuan.


Ditambahkannya, lomba yang digelar merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Jadi Kabupaten Aceh Tamiang ke 20 yang jatuh tepat pada 10 April mendatang.


Adapun Poktan Tani Jaya yang meraih predikat Poktan Terbaik mendapatkan hadiah dua unit mesin pompa air. Poktan Raja Mulia, Banda Mulia yang meraih predikat kedua memperoleh hadiah alat penyemprot/sprayer 3 in 1. Sementara Poktan Bina Usaha, Tamiang Hulu, yang menjadi juara ketiga mendapatkan tiga unit kereta sorong.


Sementara pada kategori Penyuluh Pertanian, Nurhasanah Damanik, asal BPP Karang Baru, menjadi yang terbaik. Dengan predikat itu, ia diganjar apresiasi berupa satu unit komputer jinjing (laptop). M. Syukur yang bertugas di Banda Mulia menempati urutan kedua dengan hadiah satu unit ponsel pintar. Di posisi ketiga, Basiran, PPL asal BPP Tamiang Hulu menjadi terbaik ketiga. Ia turut menerima satu unit ponsel pintar atas raihannya tersebut.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال