$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

Mitigasi di Sungai Cibogo Bantarkawung Brebes

SHARE:

Brebes | Jateng, IMC –  Penambalan tanggul Sungai Cibogo dilakukan puluhan relawan di Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah,...


Brebes | Jateng, IMC – Penambalan tanggul Sungai Cibogo dilakukan puluhan relawan di Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pasca longsor pada Kamis 3 Februari 2022. Jumat (4/2/2022).

Disampaikan Danramil 12 Bantarkawung Kodim 0713 Brebes melalui Bati Tuud Peltu Diono, pembuat tanggul darurat dari karung yang diisi tanah liat ini mulai dilakukan dari pukul 09.00-15.00 WIB.

Beberapa unsur terlibat dalam mitigasi ini, mulai dari TNI, BPBD Bantarkawung, dan segenap komponen masyarakat Desa Jipang termasuk warga setempat yaitu warga Dukuh Blok M.

“Penanganan tanggul Sungai Cibogo yang longsor sepanjang 7 meter di Dukuh Blok M RT/RW. 02 ini dilakukan agar kerusakan tidak meluas dan merembet ke pemukiman warga,” terangnya.

Adapun pekerjaan lain yang dilakukan yakni menyingkirkan material longsor agar tidak menghambat aliran sungai serta pembersihan sampah di sekitar tanggul longsor.

Sementara itu disampaikan Budi selaku Kepala BPBD Bantarkawung, penanganan cepat memang harus segera dilakukan mengingat tanggul yang longsor cukup panjang dan ketinggiannya mencapai 3 meter dari dasar sungai. Pasalnya, volume lebar dan ketinggian tanggul longsor dapat sewaktu-waktu meluas jika Sungai Cibogo banjir lagi sebagai akibat wilayah Bantarkawung diguyur hujan deras dengan intensitas lama.

Terpisah Dandim Brebes Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan mengemukakan agar masing-masing babinsa di 17 koramil jajarannya (17 kecamatan) selalu fokus membantu pihak terkait dalam upaya antisipasi maupun penanganan tanah longsor dan banjir.

Ia meminta agar babinsa menjadi promotor, baik pembersihan saluran air, normalisasi sungai, penanaman pohon keras untuk jangka panjang terutama di daerah aliran sungai, dan juga mengedukasi warga desa binaan agar tidak membuang sampah di sungai. (Aan/Red)

COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0