$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

Tingkatkan Peran Aktif Masyarakat, Kejaksaan Dukung Pertemuan Pemda-Ormas Se- Kab. Jepara Bangun Sinergitas

SHARE:

  Jepara,IMC  - Kejaksaan Negeri Kabupaten Jepara mendukung Kegiatan Silaturahmi antara Pemerintah Daerah Kab. Jepara dengan Organisasi Masy...

 






Jepara,IMC - Kejaksaan Negeri Kabupaten Jepara mendukung Kegiatan Silaturahmi antara Pemerintah Daerah Kab. Jepara dengan Organisasi Masyarakat se Kab. Jepara dengan tema "Sinergitas Antara Pemerintah Daerah dengan Pengurus Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dalam Rangka Peningkatan Peran Aktif Masyarakat Untuk Ikut Serta Mensukseskan Program Vaksinasi Covid-19" yang berlangsung di Pendopo Kab. Jepara, Senin ( 15/11/2021).


Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Bupati Jepara Dian Kristiandi, S.Sos., Kajari Jepara Ayu Agung, S.H. S.Sos. M.H. M.Si (Han), Dandim 0719/Jepara diwakili oleh Pasiter Kodim 0719/Jepara Kapten Arm Fadelan, Kapolres Jepara diwakili oleh Wakapolres Jepara Kompol I Putu Bagus Krisna, S.I.K., dan Kepala Bakesbangpol Jepara Lukito Sudi Asmara, SH. M.Si.serta dihari oleh sejumlah Perwakilan Ormas se Kab. Jepara kurang lebih 80 orang.



Bupati Jepara Dian Kristiandi, S.Sos 

dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah dalam melaksanakan tugas mempunyai keterbatasan sehingga diperlukan sinergitas seluruh elemen masyarakat khususnya dalam pelaksanaan pembangunan dalam penanganan Covid-19.


" Saat ini sudah banyak yang berkontribusi dalam penanganan Covid 19 dan masih ada 6 orang yang melakukan isolasi mandiri yang berada di 6 Kecamatan dan 10 kecamatan sudah tidak ada dari jumlah 16 Kecamatan se Kab. Jepara," ujarnya.


Menurutnya capaian vaksinasi sudah mencapai 53% sehingga diperlukan dukungan dari semua pihak untuk percepatan vaksinasi guna mencapai kekebalan komunal.


" Perbedaan pandangan dan hoax di lapangan masih terjadi untuk itu diharapkan Ormas memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak mudah percaya tanpa mencari sumber yang relevan," terangnya.


Bupati menegaskan Sinergitas dan kerjasama serta edukasi terus diperlukan untuk mengingatkan masyarakat dalam beraktifitas agar tetap menerapkan Prokes sebagai antisipasi terjadinya lonjakan baru Covid-19 khususnya di wilayah Kab. Jepara.




Sementara Kajari Jepara Ayu Agung, S.H. S.Sos. M.H. M.Si (Han) mengatakan hampir tidak ada pekerjaan yang dapat dilakukan sendiri dalam menegakkan marwah institusi sehingga diperlukan sinergitas semua pihak.


" Dengan sinergi itu bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berkomunikasi dan konsolidasi untuk menghasilkan energi yang baik guna membangun Jepara pada khususnya," 


Seperti halnya dalam penanganan Covid-19 lanjut Ayu,  itu diperlukan sinergis bersama karena itu musuh kita bersama dan kita harus berperang bersama-sama karena sistem ketahanan kita sistem ketahanan rakyat semesta.


Ayu menyebut dalam keamanan dan pertahanan Negara itu bukan hanya urusan TNI dan penegak hukum lainnya. " Akan tetapi melibatkan semua pihak karena dalam pertahanan itu ada di bidang militer dan non militer yang mana dalam bidang non militer kita diharapkan berperan penting dan berkewajiban dengan melaksanakan Tupoksi masing-masing," tuturnya.


Ayu juga mengingatkan bahwa Covid-19 itu musuh bersama untuk itu ia bersama seluruh elemen bersama-sama mempunyai peran salah satunya dengan menjaga Prokes.

 

" Saya mengingatkan agar kita terus waspada karena Covid 19 masih ada dan saya harapkan masyarakat menjadi garda terdepan untuk mencegah penyebaran Covid 19.

Mari kita ajak masyarakat untuk percepatan vaksinasi sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19 dengan meningkatkan kekebalan tubuh," jelasnya.


Dikatakan dalam menjaga kondusifitas dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, Hankam dan hukum diperlukan sinergitas dari semu pihak.


 Alumni Universitas Pertahanan mengungkapkan banyak pihak pihak yang menginginkan negara yang kita cintai ini hancur.


" Banyak pihak pihak yang menginginkan negara kita hancur karena kita mempunyai kekayaan alam yang sangat luar biasa salah satunya dengan menghancurkan generasi muda melalui dengan penyalahgunaan narkoba," tuturnya.


Oleh karena itu, ia berharap para generasi muda yang merupakan bonus demografi yang nantinya akan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bangsa, untuk itu pihaknya bersama stakeholder  mempunyai peran penting dalam memberikan pendidikan kepada generasi muda.


" Kita harus meningkatkan ekonomi kreatifitas masing-masing daerah sehingga akan berdampak pada kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Semua terlibat dalam menjaga keamanan dan pertahanan dalam hal segala bidang dan mari kita bersama-sama membangun generasi muda agar menjadi generasi muda emas yang akan meneruskan tongkat estafet pembangunan," pintanya.


Hal yang sama juga disampaikan oleh Wakapolres Jepara Kompol I Putu Bagus Krisna, S.I.K. saat ini masyarakat sebagian ada yang percaya Covid-19  dan sebagian percaya keberadaan pandemi Covid 19 sehingga diperlukan kewaspadaan bersama adanya konspirasi.


" Upaya pemerintah dalam penanganan Covid 19 terus dilakukan salah satunya dengan saling sinergi antara TNI, Polri dan Kejaksaan dalam patroli menerapkan PPKM," ujarnya.


" Kita harus mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 Kab. Jepara guna mencapai kekebalan tubuh kekebalan kelompok (herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas," sambungnya.


Selain itu tutur Wakapolres Jepara, percepatan vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu faktor penentu level PPKM, maka Peran Ormas sebagai edukator pembinaan atau mendidik guna mendukung program pembangunan dan menciptakan kondusifitas wilayah Kab. Jepara.


Sementara Pasiter Kodim 0719/Jepara Kapten Arm Fadelan menilai kegiatan ini merupakan sebagai ajang silaturahmi kaitanya dengan perkembangan Covid-19.


" Saat ini Kab.Jepara sudah mengalami penurunan akan tetapi capaian vaksinasi diharapkan bisa segera menurunkan level 3 PPKM menjadi level 2," harap Kapten Arm Fadelan.


Harapannya capaian ini semoga kondisi diwilayah kabupaten Jepara bisa kembali normal, kondusif dan bisa pulih kembali untuk perekonomiannya.


Kegiatan Silaturahmi ini kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab yang disampaikan oleh para peserta terkait dengan masalah sosial dan peningkatan penanganan Covid-19 kepada narasumber.


Sebelumnya Ketua panitia kegiatan yang juga Kepala Bakesbangpol Kab. Jepara Lukito Sudi Asmara, SH. M.Si. melaporkan dalam kegiatan silaturahmi antara Pemkab Jepara dengan Ormas se Kab. Jepara menyampaikan Organisasi Masyarakat merupakan salah satu elemen penting sebagai mitra strategis dalam menjaga kondisi pada  masa pandemi dan untuk ikut serta dalam pembangunan menuju Jepara Maju.


Disebutkan kegiatam silaturahmi antara Pemkab dengan Ormas Kab. Jepara digelar dalam rangka meningkatkan sinergitas dan menjaga kondusifitas Daerah, meningkatkan jalinan sinergitas antara unsur Pemkab. Jepara dengan Organisasi Kemasyarakatan yang selama ini telah berjalan dengan baik serta meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat khususnya komponen Organisasi Masyarakat dalam pembangunan menuju Jepara Maju.( Muzer/ Rls )

COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0