$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Resmi Membuka Monaco 2021

SHARE:

Yogyakarta, IMC -  Sabtu, 2 Oktober 2021 pukul 08.00 WIB bertempat di ruang studio Mini diselenggarakan acara seremoni pembukaan Moehi Nati...



Yogyakarta, IMC - Sabtu, 2 Oktober 2021 pukul 08.00 WIB bertempat di ruang studio Mini diselenggarakan acara seremoni pembukaan Moehi National Competition (MONACO) 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 maka kegiatan ini diselenggarakan secara virtual dan disiarkan melalui link youtube SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. MONACO merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhi. Tema MONACO tahun 2021 ini adalah “Reformation into Transformation Era" dengan mempertandingkan 22 cabang lomba. 

Berbagai lomba itu diantaranya adalah: Olimpiade Matematika, dai muda, story telling, debat Bahasa Indonesia, debat Bahasa Inggris, cover lagu, olimpiade IPS, fotografi, olimpiade IPA, PUBG, vlog, poster digital, speech contest, Qiroah, sari tilawah, short movie, story telling, essay, cerpen, sesorah, jurus bela diri tapak suci, kaligrafi, MLBB, dan lomba cipta puisi. 

Menurut Kepala sekolah Bapak Drs. H Herynugroho, M.Pd. acara ini merupakan serangkaian lomba yang ditujukan kepada siswa/i SMP dan SMA sederajat se-Indonesia. Diharapkan MONACO 2021 bisa menjadi ajang dan wadah bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk mencapai titik kejayaannya sebagai seorang generasi muda sekaligus generasi penerus bangsa. Beliau menyampaikan bahwa Pelajar di era 4.0 harus memiliki tiga komponen keterampilan utuh agar bisa menjadi generasi yang unggul dan menjadi pemenang dalam kompetisi global. 

Tiga komponen keterampilan utuh yang dimaksud adalah pendidikan karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi. “Insya allah dengan kalian mengikuti MONACO ini dengan sungguh sungguh, kalian akan memperoleh tiga komponen keterampilan utuh itu sekaligus” pungkas beliau.

MONACO yang diikuti sekitar 1500 pelajar dari seluruh Indonesia ini secara resmi dibuka oleh Bapak Bapak H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A selaku ketua MPR RI 2019-2024. Bapak Ketua MPR dalam sambutannya menyatakan bahwa pandemi bukanlah halangan untuk berkarya dan berprestasi. “Transformasi adalah sebuah keniscayaan, oleh karena itu generasi muda Indonesia harus mampu beradaptasi dan terus berkompetisi agar tidak kehilangan jati diri. MONACO 2021 adalah sebuah wujud optimisme dan eksistensi diri dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Semoga dengan semangat MONACO kita dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang unggul,” pungkasnya.

H Gita Danu Pranata, SE, MM selaku Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY memberikan apresiasi kepada sekolah ini yang secara konsisten selalu mengadakan kegiatan yang positif untuk pelajar. “Pada masa Pandemi ini SMA Muhi telah memberikan wadah kompetisi yang positif bagi para pelajar untuk meraih prestasi. Adanya MONACO ini juga dapat sebagai wadah untuk menguatkan tali silaturrahim dan membiasakan tradisi kompetisi bagi para pelajar,” papar beliau.

Seluruh kegiatan lomba ini diselenggarakan secara daring dan kegiatan lomba akan berlangsung selama satu bulan penuh. Saat ini pendaftaran MONACO secara online di https://monaco.smumuhi-yog.sch.id/ masih terus dibuka hingga7 Oktober 2021. Saat pembukaan MONACO ini juga ditampilkan penampilan siswa berupa hiburan Band, Tarian Ratoeh Pukat, musikalisasi puisi dan berbagai pertunjukan lainnya. Semoga dengan MONACO ini akan mampu melahirkan banyak talenta muda baru yang siap untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa. (Red)

COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0