$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

Ratusan Komunitas dan Masyarakat Membersihkan Pantai Kemiren

SHARE:

Cilacap I Jateng, IMC - Sedikitnya 100 orang dari Komunitas, Mahasiswa, Pelajar, Ormas dan masyarakat di Cilacap melakukan gotong royong me...

Cilacap I Jateng, IMC - Sedikitnya 100 orang dari Komunitas, Mahasiswa, Pelajar, Ormas dan masyarakat di Cilacap melakukan gotong royong membersihkan Pantai Kemiren, Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Minggu (12/9).

Kata Babinsa Kelurahan Tegalkamulyan, Koramil 01/ Cilacap, Sertu Isminanto mengatakan, kegiatan tersebut berlangsung, mulai dari pagi pukul 08.30 hingga selesai pukul 10.45 wib.

Lanjut Dia, kegiatan gotong royong membersihkan pantai oleh pihaknya tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. "Kami mengajak dari komunitas yang ada di Cilacap dan masyarakat sekitarnya agar punya rasa keperdulian tentang lingkungan di pesisir pantai dari sampah - sampah yang berserakan, Alhmdllah dengan adanya bersih - bersih pantai di Kemiren yang di motori oleh Komunitas Word Cleanup Day dan di bantu komunitas Kabupaten Cilacap dapat terlaksana dengan baik pantai Kemiren bersih dari sampah  yang berserakan, selain itu juga mengajarkan generasi muda agar selalu perduli dengan lingkungan di sekitarnya dan masyarakat sekitarnya selalu berperan aktif dalam menjaga keasrian serta kebersihan pesisir Pantai," ujarnya.

Peserta yang ikut berpasrtisipasi pada kegiatan tersebut terdiri dari BPBD, BKSDA, Komunitas World Cleanup Day, Ikatan bakti sosial Cilacap, Komunitas lingkungan Hidup Cilacap, Mitra Bina Wijaya, Rapi, Gojek Cilacap, Komunitas Kumpala, Komunitas Palma ( Pecinta Alam Semesta ), Sekolah Adi Wiyata Maos, Sakawirakartika Gandrung mangu, Komunitas Mahmuda, Pokdar Wilyah RW 14 dan warga masyarakat di sekitar RW 14 Kemiren, BPM politeknik Cilacap Komunitas Sepeda Ontel, Komunitas Reptil, Komunitas Republik Ngampak serta Komunitas Siaga peduli.

“Kita tidak sekedar gotong royong saja, tapi kita ikut menyosialisasikan ke masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, minimal menggugah kesadaran warga untuk memilah sampah dan tidak membuang sampah sembarangan,” katanya.

Terkait dengan aksi gotong royong di Pantai Kemiren, kegiatan tersebut sebagai bentuk kontribusi Komunitas Word Cleanup Day dalam merawat ekosistem pantai sebagai lokasi destinasi wisata dan upaya pencegahan dini bencana.

Sementara itu, DKLH Tegalkamulyan menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas dan Masyarakat setempat. pihaknya bahkan memerintahkan jajarannya untuk mendukung kegiatan tersebut dengan menurunkan sejumlah armada angkutan truk sampah, termasuk Ambulance dari BPBD Cilacap. 

Seluruh sampah yang telah dikumpulkan diangkut dengan truk  ke TPA. (Sty)

COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0