$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

Sosialisasi Hilirisasi dan Teknologi Balitbangtan Melalui Kementerian Pertanian

SHARE:

  Aceh Tamiang, IMC - Muslim,SHI,MM,. Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Demokrat Dapil Aceh 2,Melalui Kementerian Pertanian Melaksanak...

 



Aceh Tamiang, IMC - Muslim,SHI,MM,. Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Demokrat Dapil Aceh 2,Melalui Kementerian Pertanian Melaksanakan Kegiatan "Sosialisasi Hilirisasi" Inovasi dan  Teknologi Balitbangtan guna mendukung Komoditas padi Unggulan di Provinsi Aceh tahun 2021. Senin (02/08/2021)


Acara dihadiri oleh sejumlah perwakilan kelompok Tani, perwakilan BPP kecamatan (Badan Penyuluh Pertanian) dan Dinas Pertanian Kabupaten serta BPTP Provinsi Aceh ,Kegiatan ini juga di dampingi  oleh  Muadian Gani (Tenaga Ahli)  mewakili Anggota DPR-RI komisi IV Bapak Muslim,SHI, MM,. Yang berhalangan hadir.

 

Peneliti BPTP Balitbangtan Dr. Rachman Jaya mengatakan Hilirisasi inovasi teknologi ini bertujuan mencari varietas baru guna meningkatkan nilai tambah komoditas petani dan menciptakan peluang pasar yang lebih luas dengan nilai jual yang lebih tinggi, serta membuka skala bisnis dan ekonomi yang akan memberikan peluang usaha untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat di bidang pertanian.


"Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan dan pelatihan dengan petani mengenai kesiapan mereka dalam melaksanakan kegiatan agar mendapatkan hasil padi yang unggul dan berkualitas" ujarnya

 

Dr. Rahcman Jaya sebagai perwakilan dari BPTP Aceh  mengajak para petani untuk mulai melakukan inovasi dan memanfaatkan teknologi pertanian khusus nya di sektor sawah,sehingga petani bisa melihat keadaan lokasi yg cocok untuk mengetahui jenis padi atau benih apa yang cocok untuk di tanam di lokasi tersebut., dikarena kan tidak semua sawah itu sama kadar zat keasaman tanah nya.


Rachman Jaya menambahkan ditengah Pandemi COVID-19, Pemerintah mencanangkan program Pemulihan Ekonomi Nasional dimana penguatan ketahanan pangan menjadi salah satu fokusnya Kementan bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk Anggota Komisi IV DPR RI , untuk kemajuan komoditas unggulan di tiap tiap daerah dan Penyaluran kegiatan ini melalui Program Aspirasi dari  Muslim, SHI, MM,. Anggota Komisi IV , DPR RI dapil ACEH 2 , Fraksi Partai Demokrat.


Dalam pesannya beliau,  Bang Muslim berharap Semua petani tidak hanya diam dengan kondisi negara kita yang sedang di landa Covid -19 ini, kita harus berperan aktif untk mencari solusi dan membantu pemerintah untuk mencukupi kebutuhan Pangan Nasional,salah satu nya di  kebutuhan pangan yaitu Beras.


"Saya mau kita bersepakat bersama terkait kegiatan ini seperti misalnya benihnya apa, teknologinya yang ingin dilakukan seperti apa dan memutuskan bersama sehingga kita bertanggung jawab atas apa yang telah kita lakukan bersama".ungkap Rachman


Kelompok tani perwakilan Desa Paya Rahat menyambut baik kegiatan ini dan menyampaikan kesiapan mereka, dan ber terimakasih kepada Bapak Muslim yang tidak henti hentinya terus mendukung Masyarakat Petani dalam segala hal di sektor pertanian.


"Semoga pak Muslim menambahkan lagi sosialisasi nya,jangan padi saja,tapi kami ada petani bawang,petani hewan ternak,serta petani jagung dll". Parmin


Bang Muslim juga menambahkan, kita berharap pandemi covid -19 ini segera pulih supaya semua bisa berjalan dengan semesti nya dan semoga perekonomian kita pulih kembali. Tutup bang Muslim anggota DPR RI dapil Aceh 2, Fraksi Partai Demokrat.

COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0