Edukasi Kebencanaan di Kodim Brebes


Brebes | Jateng, IMC – Kodim 0713 Brebes menggelar kegiatan pembinaan masyarakat tanggap bencana di Aula Jenderal Soedirman Makodim Brebes. Senin (23/8/2021).

Jubaidi, SH, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Brebes selaku pemateri menyampaikan, kebencanaan sangat penting untuk terus disosialisasikan kepada TNI dan masyarakat agar tercipta perpaduan yang tepat sehingga cepat saat penanggulangan bencana.

Menurutnya, beberapa wilayah di Kabupaten Brebes termasuk daerah yang berpotensi atau rawan bencana, baik itu bencana alam, bencana non alam, dan bencana sosial.

“Tujuan edukasi kebencanaan untuk meminimalisir dampak dan resiko dari bencana,” ujarnya.

Terkait bencana non alam seperti covid-19, dirinya meminta kepada perwakilan warga yang mengikuti sosialisasi untuk menularkan materi yang disampaikan kepada warga lainnya di desa masing-masing.

Pasalnya, selaku warga masyarakat juga harus membantu petugas gabungan yang sedang menanggulangi pandemi covid. Menurutnya, dengan patuh protokol kesehatan, warga sudah sangat membantu.

“Dengan memakai masker dan menahan diri untuk tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak, itu sudah merupakan bantuan kepada petugas selama pemberlakuan PPKM,” sambungnya.

Sementara terkait bencana alam, Jubaidi juga meminta agar masyarakat lebih berhati-hati dan waspada saat memasuki musim penghujan nanti, karena waktu itulah potensi bencana alam dapat terjadi, seperti banjir dan tanah longsor.

Ia juga menghimbau agar desa yang belum memiliki posko siaga bencana untuk segera menyiapkannya, sehingga informasi bencana bisa cepat dan tepat ditanggulangi.

Posko bencana sangat penting untuk menampung berbagai bantuan jika bencana itu datang. Pasalnya, melakukan kesiapsiagaan sejak dini atau sebelum bencana, lebih baik jika dibandingkan dengan penyelamatan sesudah bencana. (Aan/Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال