$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

Atasi Abrasi di Pantai Kemiren, Babinsa Bersama Warga Pasang Bronjong Serabut Kelapa

SHARE:

Cilacap | Jateng, IMC - Belakangan ini kondisi Pantai Kemiren Cilacap mulai tergerus oleh abrasi air laut (rob) yang menerjang sepanjang ka...

Cilacap | Jateng, IMC - Belakangan ini kondisi Pantai Kemiren Cilacap mulai tergerus oleh abrasi air laut (rob) yang menerjang sepanjang kawasan tersebut. Untuk menjaga kondisi pantai agar tetap utuh perlu adanya upaya mitigasi untuk menahan rob air laut agar tidak merusak pantai.

Terkait hal itu, Babinsa Tegalkamulyan, Koramil 01/Cilacap Sertu Isminanto bersama warga setempat melaksanakan karya bakti guna menanggulangi abrasi air laut di Pantai Kemiren Cilacap. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan memasang bronjong serabut kelapa di sepanjang pantai yang sudah terbukti efektif menahan abrasi laut, Minggu(1/8).

Dalam kesempatan itu, Babinsa Sertu Isminanto menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan kerja bakti pemasangan Bronjong serabut kelapa pihaknya berkerja sama dg CSR dari Pertamina, Gumregah, Mitra Bina Wijaya dan masyarakat setempat khususnya warga RW 14 Tegalasri.

"Teknisnya bronjong anyaman dari serabut kelapa ini di tanam dan di dalam di masukin pasir laut agar tdk mudah terbawa air rob, lalu dipasang di sepanjang pinggir pantai utk menahan derasnya air laut. Kami percaya dengan adanya bronjong serabut kelapa ini benar benar mampu menahan abrasi, bila air laut sedang pasang tanahnya tidak akan akan tergerus atau terbawa ombak," katanya.

Pemasangan Bronjong yang terbuat dari serabut kelapa ini juga dilakukan di sepanjanjang kawasan pesisir pantai wilayah Kelurahan Tegalkamulyan dengan tujuan untuk mencegah abrasi air laut.

"Upaya pencegahan abrasi pantai ini tak terlepas dari dukungan CSR Pertamina yang peduli pada kelestarian lingkungan. Rencana dari CSR Pertamina mendukung sebanyak 500 Bronjong serabut kelapa.  Untuk saat ini yang dilaksanakan  pemasangan baru 15 Bronjong utk sisanya nanti akan dipasang di pesisir laut Tapangdengklok, dan pesisir laut  Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan," tambahnya.

Sementara itu, menurut pihak perwakilan CSR Pertamina bahwa bronjong serabut kelapa banyak dinilai lebih mudah di peroleh, selain harganya yang lebih murah di bandingkan dengan Bronjong kawat dan batu, juga daya ikatnya diperkirakan cukup kuat untuk menahan abrasi.

"Sebagai perwakilan dari CSR Pertamina, kami berharap bantuan berupa Bronjong serabut kelapa ini bisa menjaga kondisi lingkungan di kawasan Pantai Tegalkamulyan. Apa yang kami lakukan merupakan bagian dari komitmen perusahaan  untuk membantu masyarakat dan mengucapkan terima kasih kepada Babinsa dan relawan yg lain dalam melaksanakan kerja bakti pemasangan Bronjong serabut kelapa ini, ucap King.

(Eko-Sty) 

COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0