Kodim 0703 Cilacap Distribusikan Paket Obat Isoman Gratis Untuk Warga

Cilacap | Jateng, IMC - Upaya mempercepat pemulihan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) dilakukan pemerintah,  dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI bersama TNI, BUMN dan Kementerian terkait lainya dengan menggandeng beberapa industri farmasi diantaranya Biofarma, Kimiafarma, Indofarma dan IHC dengan membuat obat gratis "Paket Isolasi Mandiri" yang segera didistribusikan ke seluruh daerah.

Terkait hal tersebut, saat ini Kodim 0703 Cilacap menerima sebanyak 614 paket obat Isoman yang akan disalurkan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Cilacap yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman). 

Untuk itu masing masing perwakilan Koramil jajaran Kodim mengambil paket isoman dan menerima arahan dari pimpinan terkait teknis pendistribusian obat gratis tersebut, bertempat di Aula Satya Kartika, Jln. Jenderal Sudirman No.D-1 Cilacap, Jumat (23/7).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Pejabat Perwira Seksi Logistik (Pasilog) Kapten Cba Gunawan, Unsur Staf  Teritorial Kodim, dan perwakilan Koramil jajaran sebanyak 18 Koramil.

Dalam kesempatan itu Pasilog Kapten Cba Gunawan menjelaskan paket obat gratis yang dibagikan terdiri dari 3 Paket Isoman yaitu Paket 1 warna biru, Paket 2 warna hijau dan Paket 3 warna  kuning.

"Tiap paket berisi paket yang berbeda, untuk paket 1 berisi vitamin C 250 mg, Vitamin D3 1000 IU dan Zinc Zulfate Hepatahydarte. Sedangkan paket 2 diperuntukan bagi pasien dengan PCR + dengan keluhan panas atau hilang penciuman (anosmia), paket ini terdiri dari Oseltamivir tab 75 mg, Paracetamol tab 500 mg, vitamin c tab 500 mg, Vitamin D 1000 IU dan Zinc tab 20 mg," jelasnya.

Lebih lanjut, untuk Paket Isoman 3 warna kuning diperuntukan untuk pasien pcr + dengan panas dan batuk kering. Paket ini terdiri dari Oseltamivir, azythromicin, ambroxol, paracetamol, Vitamin C tab 500 mg, Vitamin D 1000 IU dan Zinc.

Secara teknis pendistribusian Paket Isoman dilakukan oleh Babinsa berkoordinasi dengan pihak Puskesmas setempat di wilayahnya dengan sasaran keluaraga pra sejahtera yang sedang melaksanakan isoman. Selain itu dalam pelaksanaan penting untuk memperhatiak protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran covid.

"Berikut Tips untuk warga yang menjalani Isolasi Mandiri antaralain kamar harus terpisah, ventilasi dan pencahayaan yang baik, kamar mandi terpisah/lakukan  disinfeksi rutin, gunakan alat makan minum atau mandi tersendiri, hindari kontak  berpergian/menerima tamu, selalu gunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan air mengalir," tandasnya. (Eko-Sty) 













Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال