$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

Aparat TNI Jajaran Kodim Cilacap Terus Lakukan Pendampingan Pemakaman Covid-19

SHARE:

Cilacap | Jateng, IMC - Aparat TNI Jajaran Kodim 0703/Cilacap terus melakukan pendampingan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kep...

Cilacap | Jateng, IMC - Aparat TNI Jajaran Kodim 0703/Cilacap terus melakukan pendampingan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakatnya. Selain pendampingan kegiatan vaksinasi, juga kegiatan pemakaman yang dilaksanakan sesuai SOP Protokol Kesehatan kepada warganya yang terpapar Covid-19.

Seperti halnya yang dilaksanakan Babinsa Sidasari Kecamatan Sampang Sertu Marhadi, anggota Koramil 07/Maos, Kodim 0703/Cilacap, bersama Kasi Trantibum Kecamatan Sampang, Bhabinkamtibmas dan Satgas Covid-19 Desa Sidasari, dampingi pemakaman warganya secara protokol kesehatan di TPU Karangtawang, Desa Sidasari Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap, Jumat (24/7/21).

Dikatakan Sertu Marhadi, tugas pokok Babinsa selain membina desa, di masa pandemi ini juga bertanggung jawab untuk membantu Satgas Covid-19 dalam dalam upayanya menekan kasus Covid-19 termasuk dampingi pemakaman warganya yang terpapar Covid-19.

"Ini salah satu bagian tugas kita, kehadiran Babinsa di pemakaman ini bertujuan mencegah warga agar warga tidak mendekat dan berkerumunan serta untuk antisipasi adanya penolakan dari warga sekitar tempat pemakaman,"  kata Sertu Marhadi

Selain melaksanakan pendampingan pemakaman, Babinsa juga menghimbau warga maupun keluarga korban Covid-19 untuk segera mandi dan mengganti pakaiannya yang digunakan pada waktu memakamkan pasien serta masyarakatnya tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Semua barang yang dipakai harus disterilkan dengan desinfektan. Ini merupakan upaya untuk menjaga diri, menjaga keluarga, menjaga lingkungan dan menjaga satuan dari wabah Covid-19 ini,” pungkasnya.

Secara terpisah, Danramil 07/Maos Kapten Inf Suwanto membenarkan tugas yang dilaksanakan oleh para Babinsanya. Menurutnya, semua kegiatan tersebut untuk membantu masyarakat didalam menghadapi pandemi Covid-19 terlebih lagi bagi mereka yang kehilangan salah satu anggota keluarganya yang meninggal akibat Covid-19. 

"Benar, setiap kegiatan di wilayah, kita telah memerintahkan para Babinsa untuk selalu turun kelapangan dalam upayanya untuk memberikan kesdaran masyarakat akan protokol kesehatan dan lainnya, termasuk pendampingan kegiatan pemakaman warganya yang terpapar Covid-19," Bebernya.

"Keberadaannya di wilayah dalam pemakaman protokol Covid-19 tersebut sebagai salah satu upaya pencegahan agar tidak terjadi kerumunan masal, serta mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pemakaman," Tandas Danramil.

(Urip-Sty)

COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0