$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

30 Calon Komcad Asal Brebes Diberangkatkan ke Magelang

SHARE:

Brebes | Jateng, IMC –  30 orang calon Komcad (Komponen Cadangan) matra darat tahun 2021 asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, diberangkatkan ...


Brebes | Jateng, IMC – 30 orang calon Komcad (Komponen Cadangan) matra darat tahun 2021 asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, diberangkatkan ke Kabupaten Magelang untuk ditampung di Rindam IV Diponegoro guna mengikuti seleksi penerimaan Komcad tingkat Panda (Panitia Daerah). Senin dini hari (7/6/2021).

Tampak Pasipers (Perwira Seksi Personel) Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Kunpriyanto, SE, memberikan arahan kepada para calon di Aula Jenderal Soedirman Kodim Brebes, beberapa jam sebelum mereka diberangkatkan.

Dijelaskan Kapten Kunpriyanto, ketiga puluh calon berasal dari 14 dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes.

Untuk perinciannya, 4 orang dari Kecamatan Jatibarang, 4 orang dari Losari, 4 orang dari Bantarkawung, 3 orang dari Tanjung, 3 orang dari Paguyangan, 2 orang dari Bulakamba, 2 orang dari Ketanggungan, 2 orang dari Kersana. Untuk sisanya dari Kecamatan Brebes, Salem, Banjarharjo, Bumiayu, Wanasari, dan Songgom, dimana diwakili masing-masing 1 orang calon.

“Dari ketiga puluh calon Komcad asal Kabupaten Brebes, yang tertua adalah lulusan S1 berumur 25 tahun dan yang termuda berumur 18 tahun,” bebernya.

Lanjutnya, batasan usia komponen sukarela bela negara ini adalah 18-35 tahun. Untuk calon tertua berasal dari Desa Ganggawang Kecamatan Salem yang bernama Ahmad Pakih (25), kemudian 2 orang anak kuliah, selanjutnya 4 orang anak SLTP, sedangkan mayoritas adalah anak SLTA sederajat.

“Direncanakan mereka akan mengikuti seleksi selama satu minggu di Magelang bersama 157 calon lainnya yang berasal dari Kabupaten Banyumas (19), Purbalingga (23), Cilacap (23), Banjarnegara (20), Pekalongan (22), Pemalang (17), Tegal (18), dan 15 calon asal Kabupaten Batang,” sambungnya.

Kesemuanya merupakan calon Komcad asal Kodim-Kodim di jajaran Korem 071 Wijayakusuma.

Setelah menerima pembekalan kemudian beristirahat di Barak Siaga Kodim Brebes, ketiga puluh calon asal Brebes ini diberangkatkan menggunakan kendaraan dinas pada pukul 00.10 WIB.

Ditambahkannya, nantinya para calon Komcad yang dinyatakan lulus akan mengikuti pendidikan pelatihan dasar kemiliteran selama 3 bulan yang akan dimulai pada minggu ke-4 bulan Juni sampai dengan September 2021, sedangkan bagi yang belum memenuhi ketentuan akan dikembalikan ke tempat asalnya masing-masing.

Untuk diketahui, Kementerian Pertahanan (Kemhan) membuka seleksi Komcad 2021 dalam rangka memperkuat pertahanan negara melalui Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata), sekaligus memenuhi hak dan kewajiban warga negara dalam upaya pembelaan negara.

Hal itu tertuang dalam UUD 45 Pasal 27 (3), hak dan kewajiban warga negara untuk ikut serta dalam upaya pertahanan dan keamanan negara, serta pasal 30 (1) UUD 45 dan UU No. 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk pertahanan negara.

Upaya dengan dengan meningkatkan kekuatan dan kompetensi warga negara melalui pembentukan Komcad juga diselaraskan dengan penataan Komponen Pendukung (Komduk) guna mendukung Sishankamrata. (Aan/Red)

COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0