Dandim Cilacap Dampingi Kunjungan Menko PMK Muhadjir Effendy ke RSUD Cilacap

Cilacap | Jateng, IMC - Komandan Kodim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, SIP bersama Forkopimda Kabupaten Cilacap mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Prof. Dr. Muhadjir Effendy M.A.P yang diagendakan mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Cilacap, Jumat (28/5).

Adapun Menko PMK yang akrab disapa Muhadjir Effendy didampingi Sesmenko PMK YB Satya Sananugraha, M.Eng, dan beberapa Staf Khusus Menko PMK diantaranya Khoirul Muttaqien, Rohman Budijanto, Machendra dan Deddy Hermawan.

Kedatangan Menko PMK disambut langsung oleh Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Danlanal Cilacap Kolonel laut (PM) Sugeng Subagyo S.Sos, Dandim 0703/Cilacap Letkol lnf Andi Afandi, SIP, Kapolres Cilacap Kapolres Cilacap AKBP Dr. Leganek Mawardi, S.H., S.I.K., (Setda Kab. Cilacap Drs. Farid Maaruf, M.M beserta para Asisten Sekda, Kasatpol PP Cilacap Drs. Yuliaman Sutrisno, M.Si, Kadinkes Cilacap dr. Pramesti Griyana Dewi, Ka. Pelaksana BPBD CilacapDrs. Tri Komara Sidhy Wijayanto, MM serta jajaran RSUD Cilacap.

Dalam kunjungan tersebut Menko PMK meninjau fasilitas medis RSUD Cilacap dan menerima paparan oleh KKP Kelas II Cilacap, Satgas Covid 19, Direktur RSUD, Bupati beserta Forkopimda Cilacap terkait perkembangan Covid 19 terbaru di Kabupaten Cilacap.

Selain itu Menko PMK juga melakukan komuniksi secara meeting zoom dengan tenaga kesehatan (Nakes) RSUD Cilacap yang sedang dalam perawatan setelah terindikasi terpapar virus Covid varian B.1617.2. Tak hanya itu dia juga berkomunikasi secara meeting zoom dengan salah satu ABK Kapal MV. Hilma Bulker yang sedang dirawat, serta memotivasi para nakes yang sedang bekerja di fasilitas tersebut.

Saat ditemui awak media, Menko PMK Muhadjir Effendi mengatakan dirinya berkunjung ke Cilacap untuk meninjau pelayanan dan pengamanan Kasus Covid 19 varian baru B.1617.2 berdasarkan penjelasan KKP Kelas II Cilacap, Satgas Covid 19, Direktur RSUD, Bupati beserta Forkopimda Cilacap saya menarik kesimpulan bahwa penanganan Kasus Covid 19 Varian baru sangat baik, mudah mudahan varian baru yang mendarat di Cilacap dapat tertangani sampai selesai

"Penanganan terhadap Varian baru ini dengan melaksanakan tracing 7 lapis dan mencapai 700 sasaran, semuanya terlacak, saya atas nama Pemerintah Pusat dan  dari Presiden RI mengucapkan salam dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah sigap dan proaktif dalam menangani Covid 19 varian baru ini, semoga bisa tertangani dengan baik dan tidak menular lagi kepada yang lain," kata dia.

Lebih lanjut dijelaskan mengenai penyebab utama adanya Covid Varian baru ini bermula dari adanya ABK MV. Hilma Bulker yang membawa gula Rafinasi dari India, pihak kantor kesehatan pelabuhan (KKP) Kelas II Cilacap sudah melaksanakan tugas dengan baik yaitu melaksanakan pengecekan di tengah laut terlebih dahulu kepada semua Kapal kapal yang hendak sandar di Cilacap.

Termasuk MV. Hilma Bulker sehingga bisa terdekteksi lebih awal adanya ABK yang terpapar Virus Varian baru ini, dan dari 20 ABK ada yang terpapar ada 14 ABK, 1 meninggal dunia dalam perawatan di RSUD Cilacap karena mempunyai Komorbit/penyakit penyerta, yang lain dalam keadaan sehat, bahkan ada beberapa ABK yang sudah di pulangkan ke negara asal.

"Sekali lagi kami sampaikan semoga kita semua secara bersama sama dapat segera menangani ini semua dengan baik dan cepat serta tidak meluas kepada yang lain," tutup Menko PMK.

(Eko-Sty) 

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال