Peringatan Nuzulul Qur'an 1442 H/2021 M Tingkat Kabupaten Cilacap

Cilacap | Jateng, IMC - Unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap bersama para Kepala OPD Kabupaten Cilacap ikuti Peringatan Nuzulul Qur'an 1442 H/2021 M yang digelar di Pendopo Wijayakusuma Chakti Kabupaten Cilacap, Jln. Jenderal Sudirman Cilacap, Rabu (28/4/21).

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Kabupaten Cilacap tersebut menghadirkan Ustad Eman Surya (Ketua MUI Kabupaten Banyumas) sebagai penceramah. Hadir Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji bersama Wakil Bupati Samsul Auliya Rachman, S. STP., MSI., dan anggota Forkopimda lainnya serta tamu undangan.

Diawali pembacaan Ayat Suci Al Qur'an acara dilanjutkan dengan penyerahan dana hibah kepada PD Muhammadiyah Kabupaten Cilacap sebesar 7,5 Milyar, PC NU Kabupaten Cilacap 8 Milyar, Forum Kerukunan Umat beragama (FKUB) Kabupaten Cilacap 100 Juta, lkatan persaudaraan haji lndonesia (IPHI) Kabupaten Cilacap 50 Juta dan Majelis Ulama lndonesia (MUI) Kabupaten Cilacap sebesar 100 Juta.

Dalam sambutannya Bupati Cilacap mengatakan, momentum peringatan Nuzulul Qur'an ini diharapkan mampu mengingatkan kita agar senantiasa memegang teguh Al-Qur'an dan Sunnah Rosul, sebagai pedoman dan tuntunan dalam kehidupan kita, sekaligus mengajarkan kepada kita untuk selalu pandai membaca tanda tanda kehidupan yang kita jalani.

"Kita ketahui bersama, bahwa Allah SWT ketika menurunkan ayat Al-Quran yang pertama kali, yakni perintah untuk membaca, tentu memiliki maksud dan tujuan bagi manusia. Membaca adalah inti dan awal dari sebuah proses pembelajaran, proses pencarian ilmu pengetahuan, untuk menjadikan kehidupan kita lebih baik, di dunia maupun di akhirat", Kata H. Tatto Suwarto Pamuji. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengajak segenap kaum Muslimin dan Muslimat Kabupaten Cilacap untuk belajar Al-Qur’an dan menjadikan Al-Qur'an sebagai landasan keimanan dan landasan moral, baik dalam kehidupan pribadi, kehidupan keluarga, maupun kehidupan bermasyarakat. Karena hal tersebut telah dibuktikan kebesaran dan keberhasilan Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat yang maju dan bermartabat yang terus berpegang teguh kepada Al-Qur'an sebagai landasan keimanan, landasan moral, dan perilaku.

Terkait kondusifitas wilayahnya, dalam kesempatan itu Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada para alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Cilacap, yang telah bekerjasama dalam menciptakan persatuan dan kesatuan dengan semangat kebersamaan yang harmonis, sehingga kondisi berbagai bidang kehidupan di wilayah Kabupaten Cilacap dapat berjalan aman, damai, dan dinamis.

"Marilah kondisi yang sudah kondusif ini, kita jaga dan pelihara dengan sebaik-baiknya, demi suksesnya berbagai program pembangunan, yang disemangati dengan kebijakan Bangga Mbangun Desa, menuju Kabupaten Cilacap Yang Sejahtera Secara Merata," Ajaknya.

Diakhir peringatan Nuzulul Qur'an 1442 H/2021 M , diisi dengan Tausiyah oleh Ustad Mintaraga Eman Surya, LC., M.A (Ketua Mui Kabupaten Banyumas) dengan mengangkat tema Meraih keutamaan Al Qur'an menuju Islam Rohmatan Lil Alamin. Acara ini juga disiarkan secara virtual dan diikuti oleh seluruh Jajaran Pemda, dan Satuan TNI, Polri di wilayah Kabupaten Cilacap. Selama acara peringatan Nuzulul Qur'an 1442 H/2021 M, kegiatan berlangsung dengan aman dan lancar.

(Urip-Sty)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال