$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

Bang Muslim : Pancasila dan Kearifan Lokal

SHARE:

  Kota Langsa, IMC - Sudah 1 tahun lebih bangsa Indonesia dilanda Covid 19 dan hampir semua negara yang ada di dunia ini mengalami hal yang...

 



Kota Langsa, IMC - Sudah 1 tahun lebih bangsa Indonesia dilanda Covid 19 dan hampir semua negara yang ada di dunia ini mengalami hal yang sama.

Tanpa kenal lelah untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari Covid 19 Bang Muslim, SHI., MM turun ke Dapil Aceh II tepatnya di Sungai Pauh, Kota Langsa pada tanggal 16 Maret 2021 untuk memberikan pengetahuan dan bertukar gagasan tentang 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dalam balutan kegiatan MPR RI yakni Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara kepad masyarakat di daerah pemilihan.


Dalam kegiatan kali ini Bang Muslim, sapaan akrabnya, memulai pemaparannya dengan memotret tentang Pancasila sebagai Kekuatan yang Memperkuat Kearifan Lokal dalam bingkai Persatuan dan Kesatuan.


Kearifan lokal merupakan sebuah entitas yang lahir dari pemikiran tentang peran masyarakat dalam menjaga kelestarian budaya dan bangsa sebagai kekuatan untuk mencapai kemajuan maupun keutuhan bermasyarakat dan bernegara, ungkap Bang Muslim.


Dalam tanya jawab, pemuda yang bernama Firdaus, memberikan pandangan terkait Pancasila itu akarnya kearifan lokal dimana tujuannya ada keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa pandang bulu kota dan daerah bahkan desa sebagai kekuatan dasar terjadinya perubahan di daerah.


Dengan berbagai problem bangsa yang selalu terjadi baik sosial, politik, budaya bahkan agama tentu kearifan lokal berperan penting untuk meluruskan ataupun mengimbangi anasir-anasir pemikiran perubahan yang dinamis, lanjut Bang Muslim sebelum sesi penutup kegiatan sosialisasi kali ini.


Di akhir penutup, dengan gaya yang khas Bang Muslim, memberikan dorongan kepada kelompok masyarakat yang ada dan lahir untuk memberikan perubahan maupun warna bagi terciptanya perubahan maupun kesejahteraan di daerah dengan kegiatan pemberdayaan untuk menguatkan kearifan lokal dalam membentengi diri dari perubahan zaman yang bisa menggerus entitas bangsa kita. (BHN)

COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0