$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

Verifikasi Desa ODF, Babinsa Bersama Puskesmas Cek Rumah Warganya Punya Jamban Sehat

SHARE:

  Cilacap | Jateng, IMC - Verifikasi Desa ODF, Babinsa Bersama Puskesmas cek rumah warganya mempunyai jamban yang sehat dan tidak buang air...

 


Cilacap | Jateng, IMC - Verifikasi Desa ODF, Babinsa Bersama Puskesmas cek rumah warganya mempunyai jamban yang sehat dan tidak buang air sembarangan di sungai. Hal tersebut dilakukan Babinsa Bulupayung Koramil 12 Kedungreja Serka Mudaim, Bhabinkamtibmas dan petugas kesehatan dari Puskesmas Patimuan, setelah melaksanakan kegiatan apel siaga di halaman Balai Desa Bulupayung Kecamatan Patimuan, Senin (29/3/21).

Kegiatan verifikasi ODF tersebut guna memastikan status ODF terhadap warga Desa Bulupayung yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan. Selain memastikan hal tersebut, melalui kegiatan ini juga memastikan masyarakat disekitar aliran sungai untuk tidak buang air sembarangan agar lingkungannya bersih dan sehat.

Dikatakan Babinsa Bulupayung, dalam pelaksanaan verifikasi ODF ini, kita bersama perangkat desa Bulupayung dibantu petugas dari Puskesmas Patimuan karena memang wilayah ini merupakan wilayah kerjanya. Setelah apel, kita pastikan warga desa Bulupayung ini telah BAB hanya di jamban dan tidak di sungai. Selain itu, kita juga pastikan sungai bersih dan tidak ada buangan sampah seperti Pampers ataupun tinja," Kata Serka Mudaim.

Kita juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk buang air tidak sembarangan terutama bagi mereka yang tinggal disekitar sungai," Imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Desa Bulupayung Sudir, Kepala UPTD Puskesmas Patimuan Helmi, S.SKM, Babinsa Bulupayung Serka Mudaim, Babinkamtibmas Bulupayung Aipda Sigit Purnomo, SH., serta para Perangkat Desa Bulupayung.

(Urip-Sty)


COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0