$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

Serda Warsito Sosialisasikan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Lokal Kepada Warga Binaannya

SHARE:

Cilacap | Jateng, IMC - Serda Warsito, Anggota Koramil 05/Nusawungu yang juga Babinsa Kedungbenda, sosialisasikan Kesiapsiagaan Tanggap Ben...

Cilacap | Jateng, IMC - Serda Warsito, Anggota Koramil 05/Nusawungu yang juga Babinsa Kedungbenda, sosialisasikan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Lokal kepada warga binaannya bertempat di Pendopo Balai Desa Kedungbenda Kecamatan Nusawungu, Kamis (11/03/2021). 

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala UPTD Puskesmas 1 Nusawungu Dr. Arif Budi Prasetyo, Kepala Desa Kedungbenda Tumiran beserta perangkatnya, Lembaga Desa Kedungbenda, Ketua RT dan RW Desa Kedungbenda serta para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Kedungbenda.

Menurut Serda Warsito, secara geografis, Desa Kedungbenda terletak di pinggiran aliran sungai Mbodo dan sungai Ijo yang apabila musim penghujan tiba, debit air dari kedua sungai tersebut meluap yang mengakibatkan sebagian besar wilayah di desa ini terendam air atau sering di sebut bencana banjir tahunan, di samping bencana lainnya. 

Melihat kondisi ini, selaku Babinsa saya mengajak, menghimbau dan mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat desa bahwa kesiapsiagaan dan pelatihan tanggap bencana lokal ini penting sebagai salah satu langkah atau upaya antisipasi untuk mengurangi dampaknya," Kata Serda Warsito.

Dia juga menyampaikan bahwa bencana merupakan urusan semua pihak yang di dasari atas sikap kebersamaan dan gotong-royong. Kesiapsiagaan Tanggap Bencana menunjukan partisipasi masyarakat dalam upaya pengurangan resiko dampak bencana yaitu dengan diantaranya dengan edukasi, pengetahuan serta pelatihan untuk mengambil sikap sebelum, selama, dan setelah terjadi bencana.

Harapan dari kegiatan ini, warga masyarakat khususnya desa Kedung benda harus sadar dan peka dengan potensi bencana yang ada, memahami dan mampu melakukan upaya pencegahan dan masyarakat menjadi tangguh serta mampu meminimalisir atau bahkan menghindari kerugian yang di timbulkan dari bencana ini," ungkapnya. 

Selaku Babinsa dan Satgas Penanganan Covid-19, dirinya juga mengajak semua warga agar tetap patuhi protokol kesehatan dan waspada terhadap penularan Covid-19 serta mendukung program PPKM Mikro dan Vaksinasi sebagai upaya Pemerintah dalam menangani wabah virus Covid-19 ini.(Urip-Sty)



COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0