$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

Pancasila dan Tantangan Peradaban

SHARE:

  Kota Langsa, IMC - Tepat setahun wabah Covid 19 belum juga hilang dari bumi Indonesia bahkan seluruh dunia yang berdampak pada kehidupan ...

 


Kota Langsa, IMC - Tepat setahun wabah Covid 19 belum juga hilang dari bumi Indonesia bahkan seluruh dunia yang berdampak pada kehidupan sosial masyarakat.

Dengan semangat yang tak kenal lelah Bang Muslim, sapaan yang sering didengar, sebagai anggota MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat kali ini melakukan kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tepatnya tanggal 03 Februari 2021 di Balai Pengajian Babul Ulum Kota Langsa dengan peserta masyarakat umum dan ibu-ibu jama'ah pengajian.


Sebelum acara sosialisasi dimulai dengan biasanya acara dimulai dengan ceremonial resmi sehingga terbangun gagasan dalam penguatan kesadaran untuk aktualisasi nilai-nilai Pancasila.


Dalam pengantar sosialisasi Bang Muslim memulai dengan pemaparan Pancasila itu nilai-nilai kehidupan yang dibangun sebagai modal sosial menghadapi zaman yang terus akan mengalami perubahan dari sebuah perjalanan tujuan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Dan Pancasila lahir dari ide besar menjadi negara yang bermartabat dan masyarakat sejahtera.


"Ia kita mengalami perubahan akibat dampak dari ada nya Covid-19 sehingga tujuan berbangsa dan bernegara menjadi penguatan kesadaran nilai-nilai Pancasila"ujar bang Muslim


Selain itu Pancasila ditempatkan untuk bisa menjawab zaman saat ini dimana kemajuan teknologi sebuah peradaban modern dari demokrasi dan akses informasi yang dapat menguatkan pembangunan SDM anak bangsa.


Dalam sesi tanya-jawab seorang pemudi, Nia, menyebutnya, mengatakan kemajuan teknologi ini deras dengan informasi yang perlu difilter oleh modal sosial dimiliki bangsa ini sehingga kebablasan atau kesiapan SDM di daerah siap mampu menampatkan diri untuk maju maupun mandiri secara ekonomi dalam pembangunan peradaban.


Menanggapi ulasan dan berbagai pertanyaan yang muncul, Bang Muslim, mengutarakan perlu ada konsolidasi modal sosial dan budaya untuk mendorong lebih baik lagi SDM di daerah dengan potensi yang dimiliki daerah ataupun bangsa ini yang belum tersentuh dan tergarap oleh narasi bangsa tentang pembangunan dan tantangan peradaban.


Akhirnya dalam sesi menutup kegiatan sosialisasi ini, Bang Muslim menambahkan,tak lupa memberikan dorongan kepada masyarakat terutama generasi muda untuk menguatkan modal sosial otomomi daerah sebagai hadiah dari demokrasi dengan tujuan pembangunan daerah yang lebih maju serta kesejahteraan yang dijamin untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki. Tutup Bang Muslim

COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0