$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

Dinas Dukcapil Padang, Launching Mesin ADM

SHARE:

Padang, IMC - Mengurus administrasi penduduk (adminduk) di Padang tak lagi memakan waktu lama. Hanya dalam hitungan detik, administrasi yang...

Padang, IMC - Mengurus administrasi penduduk (adminduk) di Padang tak lagi memakan waktu lama. Hanya dalam hitungan detik, administrasi yang diperlukan warga sudah dapat diperoleh. Pasalnya, Kota Padang sudah memiliki mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). 


Mesin ADM milik Dinas Dukcapil Padang mirip mesin pengambilan uang atau ATM. Mesin ini ditaruh di Kantor Dukcapil di jalan Sudirman. Keberadaan mesin ini menjawab keluhan warga selama ini. 

"Mesin ADM ini akan menjauhi kita dari budaya konvensional," kata Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa saat melaunching penggunaan ADM di Kantor Disdukcapil Padang, Rabu (3/2/2021). 

Mesin ADM dapat mencetak e-KTP dalam waktu singkat.  Kurang dari 2 menit, e-KTP sudah dikantongi.  Menurut Hendri Septa, hal ini merupakan inovasi yang memudahkan siapa saja dalam berurusan.  

"Ini sebuah inovasi yang bagus dan sangat memudahkan bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik," kata Hendri Septa.

Selain itu, Kehadiran mesin ADM ini juga dapat mencegah praktik calo dan pungli dalam pengurusan dokumen kependudukan. 

Sementara itu, Plt Kepala Disdukcapil Kota Padang Edi Hasymi menjelaskan, ADM merupakan sebuah alat atau mesin yang berbentuk seperti mesin ATM. ADM ini mampu mencetak 24 jenis dokumen kependudukan.

ADM ini dalam rangka memudahkan masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan. Melalui mesin ADM ini masyarakat bisa mencetak dokumennya sewaktu-waktu.


"Kami di Disdukcapil terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dengan memudahkan mereka dalam mengakses dokumen kependudukan seperti e-KTP, akta kelahiran dan Kartu Keluarga (KK)," jelas Edi Hasymi. 


Edi Hasymi menambahkan, untuk saat ini mesin ADM ditempatkan di Kantor Disdukcapil. Dan ke depan ADM ini diharapkan bisa dipasang di ruang publik.

 (ril/chl/don/zf)

COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0