Jalan Rusak dan Berdebu, PT Toba Pulp Lestari Mendapatkan CSR Award

SHARE:

Toba, IMC - Masyarakat jalan Desa simpang sigura gura, tepat nya di kecamatan porsea mengeluhkan jalan yang rusak parah juga berdebu. Selasa...


Toba, IMC - Masyarakat jalan Desa simpang sigura gura, tepat nya di kecamatan porsea mengeluhkan jalan yang rusak parah juga berdebu. Selasa (10/11/20)

Truck truck pengangkut kayu yang melebihi tonase kerap keluar masuk dilokasi PT TPL sehingga mengakibatkan rusaknya jalan tersebut 

Firman mengatakan bahwa jalan Desa sigura-gura rusak parah dan berdebu,sehingga banyak masyarakat yang mengeluh akibat aktifitas dari perusahaan Toba Pulp Lestari.

"Yang tidak habis pikir ternyata untuk mendapatkan CSR AWARD mudah sekali, syaratnya, sengsarakan masyarakat sekitar, maka PT. Toba Pulp Lestari dipastikan dapat CSR Award," Kata Firman yang merupakan aktivis GTA54.

Firman mengungkapkan Sudah rahasia umum para lembaga si pemberi sertifikasi bukanlah melakukan penilaian langsung yang dapat dipercaya atas suatu keinginan Corporation untuk mendapatkan Sertifikasi. 

Ketika PT. Toba Pulp Lestari diberitakan kembali meraih penghargaan Indonesian CSR Award (ICA) 2020 Social Investment & Sustainable Development yang digelar di Ballroom Luwangsa Hotel Jakarta, (Jumat 6 November 2020), Ketua Gerakan Tuntut Akta 54 Firman Sinaga langsung memberikan respond " "Apa layak PT. Toba Pulp Lestari dapat CSR Award? Si pemberi Award perlu diragukan kredibilitasnya". Ujar Firman


Di laman facebooknya, Firman Sinaga menuliskan. "Syukurlah PT. TOBA PULP LESTARI dapat CSR Award,peluang besar untuk mempidana PT. Toba Pulp Lestari atas dana CD PT. TPL selama 18 tahun". Kata Ketua GTA54

Hal senada disampaikan oleh aktivis GTA54 militan James Sitorus ketika PT. Toba Pulp Lestari kembali mendapatkan Penghargaan Indonesian CSR Awards (ICA 2020 SOSIAL Investment dan Sustainable Development). Ini adalah senjata ampuh mempertanyakan lembaga sipemberi Sertifikasi Award. Kita akan mempermalukan lembaga pemberi Award tersebut. Sekaligus ini adalah bukti kuat, bahwa Dana CD bukan CSR. James juga menyebutkan akan menyurati Badan Standarisari Nasional sehubungan PT. TPL dapat CSR Award. 

" PT. Toba Pulp Lestari telah melakukan pembohongan publik dan penipuan dengan menggunakan Dana CD untuk tujuan CSR PT. TPL.Tbk ( PT TOBA PULP LESTARI ) dan PT TPL menggunakan uang masyarakat untuk kepentingan CSR PT. Toba Pulp Lestari".Kata James.

Salah seorang warga di siraituruk mengatakan pada media tentang Jalan Sigura-gura yang telah selama 30 tahun lebih merupakan jalan truck-truck lalu lintas keluar masuk pabrik PT. Toba Pulp Lestari.

"Tidak pernah dalam sejarah Indonesia merdeka jalan itu mulus. Jalan itu selalu membawa kesengsaraan bagi penduduk sekitar". Ungkap warga tersebut

Firman sinaga menambahkan pada awak media jika musim kemarau, masyarakat harus menghirup debu akibat truck-truck lalu lintas keluar masuk pabrik PT. TPL. Pada musim hujan, kerbau bisa berenang dijalan tersebut.

Apa ini namanya tanggung jawab social perusahaan? Kita akui memang, PT. TPL pernah melakukan perbaikan terhadap jalan ini, namun sumber anggarannya dari mana? 

"Ini akan kita investigasi melalui pelaporan lengkap ke Mabes Polri akhir bulan November 2020. Apabila uang masyarakat, yakni dana CD digunakan untuk perbaikan jalan itu selama ini, maka itu sudah Tindak Pidana berdasarkan Surat Pernyataan PT. TPL 16 Oktober 2002." Kata Firman Sinaga

"Banyak masyarakat bertanya, mengapa PT. TPL demikian jahat pada masyarakat? Jawab Firman Sinaga, karena masyarakat Toba tak dianggap TPL manusia." Tutup Firman.

Berdasarkan Konfirmasi dari media indonesiamediacenter.com melalui telepon selular tentang jalan berlobang dan rusak tersebut kepada Camat Porsea (R Manurung) mengatakan mulai dari bulan Maret 2020 telah diusulkan dan akan dikerjakan seminggu kedepan.

Ketika dikonfirmasi kepada Maneger Media PT Toba Plup Lestari oleh Indonesiamediacenter.com, Norma mengatakan " Horas to, akan direspon pak JH ya" Kata Norma.

Demikian pula JH ( Juliandri Hutabarat) ketika dikonfirmasi melalui WhatsApp Juliandri hutabarat mengatakan CSR Award baru saja diterima oleh TPL di Jakarta 6 Nov 2020. Jalan rusak di sigura gura memerlukan maintenaance.(HS)

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2