Rapat Banggar DPRD Cianjur : "IPM Cianjur Meningkat Rata-Rata 0,66 Poin Pertahun"

SHARE:

Cianjur, IMC - Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman menghadiri rapat Rancangan Kebijakan Umum dan Prioritas serta Plafon Anggaran Semen...


Cianjur, IMC - Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman menghadiri rapat Rancangan Kebijakan Umum dan Prioritas serta Plafon Anggaran Sementara APBD Kabupaten Cianjur Tahun 2021. Bertempat di ruang rapat Badan Anggaran DPRD Kab.Cianjur, Rabu (29/07/2020).

Dalam penyampaiannya Plt. Bupati, mengatakan bahwa pada perencanaan tahun 2021 merupakan tahun ke lima pelaksanaan RPJMD Kabupaten Cianjur tahun 2016-2021. Beberapa sektor pembangunan telah menunjukkan adanya peningkatan, namun pihaknya menyadari bahwa hasil tersebut bukan sebuah titik akhir, melainkan sesuatu yang harus dilanjutkan bahkan harus lebih ditingkatkan.


"Sampai saat ini, ukuran tingkat keberhasilan pembangunan masih mengacu pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai indikator capaian pembangunan manusia", katanya.

Lanjutnya, pencapaian IPM selama kurung waktu tahun 2015-2019, rata-rata IPM Kabupaten Cianjur meningkat sebesar 0,66 poin setiap tahunnya. Pada tahun 2019 IPM Cianjur sebesar 65,38 poin atau meningkat sebesar 1,2 persen dari tahun 2018, yang hanya sebesar 64,62 poin.

"Peningkatan atau pertumbuhan IPM ini, menempatkan Kabupaten Cianjur diperingkat ke sembilan dibandingkan kabupaten atau kota lain di Jawa Barat", jelasnya.


H. Herman menuturkan, kebijakan umum dan prioritas serta dan plafon anggaran sementara APBD tahun 2020, disusun dan dirumuskan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Cianjur yang maju dan agamis, dengan memperhatikan isu-isu strategis, indikator makro pembangunan daerah serta target capaian RPJMD tahun 2016-2021. Adapun penyelesaian permasalahan pembangunan untuk perencanaan 2021 terbagi kedalam enam poin.

"Yaitu, pertama peningkatan rata-rata lama sekolah, kedua peningkatan angka harapan hidup dan penanggulangan stunting, ketiga kemiskinan, pengangguran dan masalah sosial, keempat kualitas dan pemenuhan cakupan infrastuktur dasar yang berwawasan lingkungan, kelima produktivitas dan peningkatan daya saing ekonomi daerah, dan keenam reformasi birokrasi sebagai arah penetapan target kinerja pemerintah daerah, dengan tema mewujudkan Kabupaten Cianjur yang lebih maju dan agamis melalui pemulihan ekonomi dan penguatan sektor kesehatan", pungkasnya. (Humas Cianjur)

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2