Pangdam IV: Seluruh Prajurit TNI Harus Bertindak Cepat dan Tepat Dalam Penanganan Covid 19


SEMARANG | JATENG, IMC - Pangdam IV/Diponegoro, Mayjend TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M. beserta Kapolda Jateng melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Pemalang dalam rangka “Simulasi TFG (Tactical Floor Game) Tentang Pengamanan Kontinjensi Aman Nusa II Penanganan Covid 19” yang dilaksanakan di Gedung serba guna  Jl. Jend. Sudirman  Wanarejan Utara Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Rabu (27/05/2020).

Mayjen Effendi menyampaikan Pandemi Covid-19 belum selesai, Kita Terapkan Protokol Kesehatan dengan Ketat maka sangat perlu dilaksanakan kegiatan-kegiatan pencegahan penularan Virus Corona tersebut, seperti yang dilaksanakan simulasi TFG. ini adalah pelatihan standart penangan Covid-19, dalam hal ini seluruh pihak baik TNI, Polri, Pemerintah Provinsi dan Kota serta kabupaten turut terlibat dalam Operasi Aman Nusa ll 2020.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan,  kepada seluruh TNI yang ada di wilayah Eks karesidenan Pekalongan di harapkan apabila diminta untuk membantu Polres maka harus segera bertindak cepat dan tepat untuk mengantisipasi segala sesuatu yang terjadi,  Kita harus bisa mengklasterkan apabila ada salah satu warga yang terinveksi virus covid - 19 sehingga tidak terjadi status merah 1, Tuturnya.


Kepada dinas kesehatan ataupun tim gugus tugas covid-19 di wilayah, untuk sedapatnya mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan penanganan virus covid-19 baik itu petugas maupun alat peralatanya, sesuai apa yang di sampaikan oleh Presiden RI bahwa pandemi Covid-19 di prediksi belum akan selesai dalam waktu dekat, untuk itu kita harus dapat menekankan bagaimana SOP penaggulangan penyebaran virus Covid-19 kepada masyarakat.

Pangdam juga menghimbau  kepada Bupati agar sedapat mungkin memerankan seluruh instansi yang ada untuk dapat mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat tentang bahaya dan pencegahan covid -19 di wilayahnya masing- masing.

Maksud dan Tujuan dilaksanakan kegiatan Simulasi TFG sebagai langkah awal pengendalian dan memetakan setatus dari masing - masing wilayah serta langkah -langkah dalam rangka meminimalisir penyebaran virus Covid-19, diharapkan Polres Pemalang melakukan pendataan-pendataan terkait jumlah rumah sakit jumlah apotik jumlah tenaga medis serta jumlah alat peralatan guna mendukung dalam pelaksanaan penangan Covid-19

Pelaksanaan kunjungan Pangdam IV/Diponegoro dan Kapolda Jateng di Pemalang selanjutnya dilanjutkan kunjungan di wilayah Batang.

Pangdam IV dan Kapolda Jateng dalam kunjungan tersebut didampingi Asintel, Asops Kasdam IV/Dip, dan di hadiri Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han, Bupati  Pemalang DR .H. Junaedi SH,. MM,  PJU Polda Jawa Tengah, Para Dandim dan Para Kapolres/Kapolresta  se eks Karesidenan Pekalongan, Danlanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, M.tr. Hanla. CHRMP, Dansatradar 214/Tegal Mayor Lek Edy Supartono S. Eng, Forkopimda Kabupaten Pemalang. (Sty)


Sumber : Pendam IV/Dip

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال