Babinsa dan PPL Pertanian Damping Penyemprotan Wereng


Kebumen | Jateng, IMC - Babinsa Koramil Koramil 21/Rowokele, Kopda Joko Kuswanto melaksanakan penyemprotan tanaman padi untuk mengendalikan hama wereng di area pesawahan kelompok tani Eling Jaya, Desa Pringtutul, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen, Rabu (1/4/20).

Dari hasil pemantauan babinsa setempat,  lahan padi di wilayah Desa Pringtutul,  kami menemukan hama wereng di beberapa tempat. Guna mengantisipasi meluasnya hama  kami berkoordinasi dengan Dinas Pertanian agar segera mengambil langkah untuk menanggulangi permasalahan ini.


Hama wereng merupakan hama yang sering menyerang tanaman padi petani. Penyebaran hama wereng ini sangat meresahkan lantaran dapat menyebabkan gagal panen dan mengakibatkan kerugian yang besar. Bermacam cara dilakukan petani untuk mengatasi hama wereng ini namun sering kali tidak membuahkan hasil, karena sulitnya dalam penanganan hama tersebut.

Pihaknya bersama PPL Pertanian Kecamatan Rowokele dan kelompok tani Eling Jaya bersama-sama berusaha mengantisipasi serangan hama wereng tersebut dengan melakukan penyemprotan menggunakan obat insektisida bantuan dari dinas pertanian.

"Pelaksanaan penyemprotan harus dilaksanakan secara serentak, agar hama ini tidak berpindah meluas ke sawah yang lain, penyemprotannya pun langsung kebagian batang padi, sehingga akan efektif dan langsung mengenai sasaran dimana hama wereng tersebut bersarang," tandas Kopda Joko.

Penyemprotan tersebut dilakukan Babinsa dengan para petani untuk memberantas hama guna mensukseskan swasembada pangan di wilayah Kecamatan Rowokele. Menurut Joko, Tanaman padi merupakan komoditas utama dan perlu diperhatikan dalam segi perawatannya, sehingga membutuhkan teknik-teknik dan strategi khusus, terlebih ketika padi mulai diserang hama dan penyakit.

Ia menambahkan, "untuk mengendalikan padi dari serangan hama dan penyakit, maka dibutuhkan teknik menyemprot tanaman padi dari hama yang tepat dan benar," imbuhnya. (Sty).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال