Aksi Babinsa dan Kepala Desa Cikandang Kersana Menuju Desa Wisata

Brebes | Jateng, IMC - Penduduk Kecamatan Kersana sebagian besar adalah suku Jawa yang menggunakan Bahasa Jawa Brebes, serta suku sunda yang menggunakan bahasa Sunda Brebes. Namun terdapat juga suku pendatang seperti keturuann thionghoa yang sebagian besar sebagai pedagang, serta keturunan suku Madura. Sebagian besar memeluk agama Islam disamping hidup rukun juga pemeluk Kristen, Katolik, Budha serta Khonghucu.
Wisata kuliner: Alang-alang, Rujak Belut (Mbah Ribut), Baso Royal, Mpal Gentong, Mendoan, pusat oleh2 Telur asin & Bawang.

Didalam Aksi Babinsa Kodim 0713 Brebes Yes kali ini yang di siarkan langsung di Radio Singosari FM Brebes yang diwawancarai penyiar Rara dan Riri, Babinsa Koptu Paimo dan Junaidi Kepala Desa Cikandang, Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes mengangkat Cikandang nama desanya menuju Desa Wisata. Rabu (08/04/2020).

Dalam singkat dialog tersebut, Kepala Desa dan Babinsa memaparkan secara detail tentang wilayah geografi Cikandang, dimana desa Cikandang memanfaatkan Balong (embung) yang terletak di tengah-tengah desa.
“Dengan lahan seluas 4,5 hektar ini, dimana terbagi 2,5 hektar untuk Balong (embung) dan 2 hektar sisanya lahan kering dan dimanfaatkan pembangunan sementara terealisasi untuk track joging, lapangan sepak bola, lapangan bola volley dan taman santai keluarga”. Papar Junaidi Kepala Desa Cikandang.

Ditambahkan bahwa Cikandang menuju desa wisata ini berbasis wisata untuk olah raga dan sementara yang sudah berjalan kegiatan olah raga bersama warga dan masyarakat sekitarnya adalah rutin senam pagi yang di laksanakan pada minggu kedua dan keempat. Tambahnya.

Babinsa Koptu Paimo juga menambahkan bahwa lahan tersebut juga dimanfaatkan untuk lari pagi, memancing dan kegiatan lainnya seperti menikmati pemandangan sore dan pagi hari disekitar Balong.

Rencana kedepan akan adanya penambahan toko-toko dan warung-warung, gowes air atau sepeda perahu, kapal kecil, apotik hidup dimana hal itu dipelopori oleh Koramil 06 Kersana Kodim 0713 Brebes. Kata Kades.

Hasil yang sudah terseralisasi sangat baik ini atas kerjasama antara pemerintah desa dan instansi terkait termasuk Koramil 06 Kersana. Tambah Junaidi.

Diakhir Aksinya, Kepala Desa dan Babinsa serta seluruh perangkat desa mengajak kepada organisasi seperti karang taruna, paguyuban sepeda ontel, RT, RW dan masyarakat Cikandang dan sekitarnya agar berperan aktif dalam mengembangkan desa Cikandang menuju desa wisata.

Bukan hanya dari sarana olah raga saja tetapi akan memamerkan produksi batu bata, makanan khas desa dan jajanan khas desa Cikandang. (Utsm).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال