Pangdam IV Berikan Kuliah Umum di Unjani Yogyakarta

SHARE:

Yogyakarta | IMC - Dalam rangka kegiatan Dies Natalis kedua,  Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta menggelar kuliah umum dengan P...


Yogyakarta | IMC - Dalam rangka kegiatan Dies Natalis kedua,  Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta menggelar kuliah umum dengan Pangdam IV/Diponegoro sebagai salah satu nara sumber.

"Jika kita sudah punya semangat kebangsaan tentunya sebelumnya kita sudah memiliki rasa kebangsaan, memahami tentang bangsa ini. Kalau kita paham  tentang bangsa ini tentunya kita akan mencintai bangsa ini, dan jika kita mencintai bangsa ini pasti akan timbul rasa nasionalisme", demikian penyampaian Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M., mengawali kuliah umum di Kampus Unjani Yogyakarta, Jl. Siliwangi Ring Road Barat, Gamping, Sleman, Rabu (04/03/2020).

Ditegaskan Pangdam, bahwa hal ini sama dengan bangsa-bangsa yang lain di dunia ini yang juga punya rasa nasionalisme, dan mereka akan merasa lebih unggul dari bangsa lainnya. Demikian juga dengan kita, sebagai warga negara Indonesia juga harus memiliki rasa nasionalisme dan merasa lebih unggul dari mereka, kita tunjukkan bahwa kita memiliki  semangat kebangsaan.

Pangdam juga mengingatkan kepada seluruh mahasiswa, bila berbicara Revolusi Industri 4.0 dimana awalnya berupa padat karya, kemudian menggunakan mesin-mesin, kemudian elektronik, dan sekarang menggunakan robot yang tentunya lebih canggih lagi. Ini semua akan merubah tata kehidupan manusia baik dari segi ekonomi maupun budaya kerja dan budaya hidup.


Disampaikan pula bahwa saat ini hidup kita sangat tergantung dengan yang namanya teknologi HP. Tergantung dengan teknologi itu ada positifnya dan ada negatifnya. Jika itu positip jadikan sebagai  peluang bagi kita untuk dikembangkan, jika negatif kita turunkan dan kita jauhkan.

Jenderal bintang dua itu kembali mengingatkan, jika kita punya semangat kebangsaan  pasti kita punya keinginan untuk melaksanakan bela negara.

"Bela negara saat ini tidak harus memanggul senjata dan bambu runcing, tetapi dengan datang ke kampus tepat waktu, belajar dengan baik, mencintai produk-produk dalam negeri.  Bela negara saat ini dilaksanakan melalui pengabdian sesuai dengan profesi", ujarnya.

Mengakhiri kuliah umumnya Mayjen TNI Mochammad Effendi menyampaikan di era jaman seperti ini seharusnya kita mempunyai keunggulan Sumber Daya Manusia, karena kita memiliki bonus demografi, tetapi masalahnya kita punya daya saing apa tidak. Hal ini juga menjadi tantangan kedepan, sehingga diharapkan kita harus mempunya keunggulan SDM.

"Supaya unggul kita harus punya Pengetahuan (Knowledge), punya Ketrampilan (Skill) dan punya Inovasi (Research)", pungkasnya.

Rektor Unjani Dr., Drs. Djoko Susilo, S.T., M.T., menyampaikan bahwa Kampus Unjani saat ini berusaha untuk mewarisi nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani kepada Mahasiswa yang sedang menunutut ilmu di Kampus ini.

Dirinya sangat berterimakasih kepada Pangdam IV/Dip yang telah meluangkan waktu untuk memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa Unjani dalam rangka Dies Natalis kedua ini.

Hadir dalam kuliah umum tersebut  Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Muhammad Zamroni, para Wakil Rektor, para Dekan masing-masing Fakultas, para Dosen dan 350 Mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Sosial, Fakultas Kesehatan dan Fakultas Teknologi dan Teknik Informasi. (Sty)

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2