Cegah COVID -19, Warga Kelurahan Cilacap Lakukan Penyemprotan Disinfektan


Cilacap | Jateng, IMC - Warga bersiap melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan perumahan warga. Penyemprotan disinfektan secara mandiri ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona Covid -19 di lingkungan mereka.

Kesadaran warga mengantisipasi penularan Virus Corona atau COVID -19 mulai ditunjukan di sejumlah wilayah. Seperti yang dilakukan Pokdarkamtibmas RW. 12, dibawah binaan Babinsa Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Kamis ( 26/3/2020).

Mereka swadaya melakukan penyemprotan cairan disinfektan sebagai upaya dalam rangka mencegah penyebaran Virus Corona atau COVID-19 di lingkungannya.

Babinsa Kelurahan Cilacap, Serda Isminanto mengatakan, tujuan penyemprotan disinfektan sebagai langkah pencegahan Virus Corona serta usaha meningkatkan kebersihan untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kami juga melakukan sosialisasi dan memberikan imbauan kepada warga,  warga juga melakukan langkah penyediaan tempat cuci tangan dan sabun pada setiap akses jalan masuk," katanya.

Untuk bahan cairan disinfektan, diakui, diracik dan dibuat secara mandiri mengingat harga disinfektan di pasaran sudah cukup tinggi dan juga belum ada program penyemprotan disinfektan dari Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Namun demikian, dalam proses pembuatan disinfektan tetap mengikuti panduan yang dikeluarkan dinas kesehatan, baik meliputi jenis bahan utama, komposisi maupun volume.

Ia juga mengajak kepada seluruh warga untuk melakukan upaya preventif dengan menjaga diri masing-masing, keluarga, teman dan lingkungannya agar terhindar dari penularan virus corona. Namun, hal tersebut harus diperjuangkan dengan berikhtiar untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

Selain itu, lanjut dia, warga didorong untuk tetap aktif berolahraga, menghindari bersentuhan dengan orang lain, beristirahat yang cukup, juga menghindari menyentuh hidung, mata dan mulut, serta tidak keluar rumah kecuali dalam hal yang mendesak.

"Panik, cemas dan stres akibat banyaknya informasi dan pemberitaan tentang semakin merebaknya penularan corona juga dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun," katanya.

Dalam situasi krisis akibat COVID-19 seperti saat ini, warga harus selalu berpikir positif, sabar dan tetap tenang agar mentalnya menjadi sehat, sehingga daya tahan tubuhnya juga tidak menjadi lemah. (Sty)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال