Uji Profesionalitas Prajurit, Kodim 0709/ Kebumen Gelar UTP Umum


Kebumen, Jateng | IMC – Sedikitnya 60 prajurit dari Kodim 0709/Kebumen mengikuti kegiatan Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum teritorial yang dilaksanakan selama 4 hari sejak tanggal 3 hingga 6 Februari 2020. UTP tersebut diselenggarakan guna meningkatkan Profesionalisme Prajurit Kodim 0709/Kebumen, Kamis (06/02/2020).

Kegiatan digelar di Makodim 0709/Kebumen yang dibuka langsung oleh Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara. M, S.E., M.M selaku pimpinan umum latihan.  Sedangkan penguji dari seluruh Danramil jajaran Kodim 0709/Kebumen.

Uji terampil perorangan ini bertujuan untuk menguji kemampuan perorangan yang dimiliki oleh setiap Prajurit sesuai dengan tingkat kecakapan sesuai spesialis jabatan militer (SJM) yang dimiliki, serta didapatkannya suatu data kualitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan prajurit terhadap pengetahuan dan keterampilan umum, sesuai tingkat kecakapan untuk kepentingan pembinaan personel dan pembinaan latihan.

Tingkat kecakapan yang di ujikan meliputi, kacakapan dua sampai dengan tujuh materinya disesuaikan dengan tingkat ketrampilan masing-masing anggota antara lain sikap teritorial, lima kemampuan teritorial, Nik Sar Pur, Spesialisasi Intel Teritorial, Spesialisasi Ketatalaksanaan Binter, Spesialisasi Sistem Perencanaan dan Pengendalian Binter dan Spesialisasi Bintahwil serta Spesialisasi Bin Wanra.

Dandim Kebumen, Letkol Kav MS. Prawira Negara. M, S.E., M.M menjelaskan, bahwa UTP Umum ini merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap Latorsar (Latihan Perorangan Dasar), sehingga hasil yang dicapai dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan latihan kelompok yang harus dilaksanakan pada tahap latihan berikutnya sesuai kalender latihan satuan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan ketrampilan masing-masing Prajurit sesuai dengan tugas pokok yang dibebankan kepadanya. Selain itu, untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan perorangan guna mencapai kemampuan standar Prajurit Kodim 0709/Kebumen kepada seluruh prajurit sesuai dengan tingkat kecakapan 1 sampai dengan tingkat kecakapan 7.

“Laksanakan UTP ini dengan serius dan penuh semangat, jadikan ujian ini sebagai tolok ukur kemampuanmu dalam pelaksanaaan tugas sehari-hari” ucap Dandim disela-sela pelaksanaan UTP Umum. (Sty)


Sumber : Pendim Kebumen

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال