Uji Coba Panen Jagung Betras 1 Di Wilayah Kecamatan Majenang


Cilacap, Jateng | IMC - Wujudkan program ketahanan pangan, Anggota Koramil 13 0Majenang terus melaksanakan pendampingan bersama PPL setempat. Bahkan tidak jarang mereka turun langsung membantu para petani memanen hasil tanamnya.

Panen perdana jagung varietas unggul hasil kerjasama dengan PT. BENIH CITRA ASIA dan Pemerintah Kabupaten Cilacap di lahan milik H. Dalil Desa Cilopadang Kecamatan Majenang, dengan hasil panen yang bagus dan memuaskan. Kepala Dinas Kabupaten Cilacap Supriyanto Sp.MM mengatakan panen di lahan seluas dua hektar ini sebenarnya untuk dijadikan benih dalam rangka pengembangan komoditas jagung di Kabupaten Cilacap Khususnya di Desa Cilopadang.

Supriyanto menjelaskan, sebelumnya pemerintah mengusulkan lahan untuk pengembangan benih jagung  Betras 1 seluas dua hektar, tetapi antusias petani ingin mengembangkan benih varietas unggul ini sehingga luas areal bertambah menjadi dua koma lima hektar dan bertambah pula pengembangan benih varietas unggul yang lain seperti Timun, Melon.

Jagung varietas ini mampu menghasilkan 13,9 ton/hektar, sehingga jika dirata-ratakan dengan luas lahan dua hektar maka produktivitas mencapai 26,18 ton.

Dijelaskan Danramil 13 Majenang Kapten Inf Agus Sudarso,  hasil panen kali ini termasuk sangat   baik, tidak ada kendala berarti yang dihadapi oleh petani dalam musim tanam hingga musim panen ini. percobaan bibit unggul serta bantuan pupuk dari Dinas Pertanian Majenang membuahkan hasil panen yang sangat memuaskan para petani dan yang nantinya panen tersebut akan dibagikan ke petani dan menjadi bibit unggul untuk ditanami oleh para petani di Kecamatan Majenang" ungkapnya.

Mengenai pendampingan panen jagung ini dirinya menjelaskan bahwa hal itu merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab Babinsa di wilayah binaan untuk memotivasi para petani agar terus bersemangat dalam bercocok tanam demi terciptanya swasembada pangan.

" Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa dan PPL hasil panen di wilayah Kecamatan Majenang khususnya terbilang memuaskan sehingga harapannya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani," kata Agus Sudarso. (Sty)


Sumber : Pendim Cilacap

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال