Tanggul Cisanggarung Jebol, Banjir Genangi Beberapa Desa Di Losari Brebes

SHARE:

Brebes | Jateng, IMC –  Jebolnya tanggul sungai besar di perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat, yaitu Sungai Cisanggarung, di Desa Babakan, Ke...

Brebes | Jateng, IMC – Jebolnya tanggul sungai besar di perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat, yaitu Sungai Cisanggarung, di Desa Babakan, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, membuat beberapa desa di Kecamatan Losari terendam banjir.

Dibenarkan Danramil 05 Losari Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Muhtadi, bahwa jebolnya tanggul Sungai Cisanggarung sepanjang kurang lebih 20 meter dengan ketinggian tanggul 3 meter, telah membawa dampak bagi beberapa dukuh di Desa Babakan, Pekauman dan Losari Kidul.


“Sebelum jebolnya tanggul Sungai Cisanggarung (200 meter di sebelah utara Jalan Tol Pejagan-Pemalang) sepanjang 20 meter ini pukul 06.30 WIB, pada pukul 03.00 WIB, tanggul sebelumnya terendam/tertutup air sungai yang limpas ke Desa Pekauman, Losari Kidul dan Dukuh Cirawada Desa Babakan,” ucapnya, Senin pagi (17/2/2020).

Pemukiman warga terendam dengan ketinggian mencapai 50 centimeter akibat limpasan air ini.

Akhirnya pada pukul 04.15 WIB, tanggul tersebut jebol sepanjang 10 meter sehingga ketinggian air bertambah antara 0,5-1 meter, sehingga warga Babakan dievakuasi ke Dukuh Tembongrea, Desa Bojongsari.

“Evakuasi lanjutan pagi ini adalah warga Dukuh Bojong, Desa Kalibuntu, dievakuasi ke Posko yang berada di Dukuh Tembongrea, Desa Banjarsari, oleh petugas gabungan baik TNI, BPBD dan masyarakat,” tandasnya.

Air yang menggenangi wilayah Desa Pekauman dan Losari Kidul mulai surut sekitar pukul 07.05 WIB. Pukul 07.45 WIB, dampak banjir meluas memasuk wilayah Desa Kalibuntu.

Tidak ada korban jiwa atas banjir ini, sedangkan kerugian harta benda belum bisa ditaksir.

Pihak desa juga sedang berkoordinasi dengan segenap unsur guna melakukan penanganan penambalan tanggul saat debit air Sungai Cisanggarung  surut.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada/siaga untuk mengamankan diri. Juga agar mengamankan perabotan rumah tangga termasuk peralatan listrik apabila terjadi peningkatan air,” pungkas Muhtadi. (Aan/Red)

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2