Ratusan Orang Tamani Hutan Gunung Batu Cikajang Garut Dengan Ribuan Bibit Pohon

SHARE:

Garut | Jabar, IMC –  Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, terutama kawasan hutan yang gundul di Gunung Batu, Kampung Ngamplang,...

Garut | Jabar, IMC – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, terutama kawasan hutan yang gundul di Gunung Batu, Kampung Ngamplang, Desa Cibodas, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, relawan dari Satuan Tanggap Bencana (Satgab) Bela Negara, ikut reboisasi.

Dibenarkan Cepi Gantina, Ketua Satuan Tanggap Bencana Bela Negara, bahwa kegiatan penghijauan tersebut digagas oleh Pemdes Cibodas bersama Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Cikajang, Minggu sore (2/2/2020).


“Kegiatan reboisasi disini memang sangat perlu dilakukan mengingat kondisi Hutan Gunung Batu tepatnya di kawasan Curug Rohmat, sekarang sudah gundul dan beralihnya fungsi menjadi lahan pertanian masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut, upaya jangka panjang ini diharapkan dapat meremajakan kembali Curug Rohmat yang menjadi sumber mata air oleh masyarakat setempat.

Masih menurutnya, hendaknya setiap masyarakat meniru dan melanjutkan kesadaran akan pentingnya lingkungan hutan. Pasalnya, penanaman pohon menjadi faktor penentu bagi bagi generasi penerus kelak karena akan memberi manfaat terhadap lingkungan dan masyarakat itu sendiri.

Sementara itu Korwil Disdik Cikajang, Otang Saepulloh, S.I.P, MM, menyampaikan bahwa penghijauan kawasan Gunung Batu yang merupakan salah satu kawasan hutan yang ada di Kampung Ngamplang dilakukan dengan menanam 2.500 bibit pohon berbagai jenis yaitu ekaliptus, jambu merah, kopi dan albasia.
“Selain bersama masyarakat dan segenap unsur lainnya, kami juga melibatkan pelajar SDN 3 Cibodas dan SMPN 2 Cikajang dalam rangka menanamkan karakter cinta lingkungan sejak dini,” ucapnya.

Diceritakan singkat tentang sejarah Desa Ngamplang oleh Otang, bahwa sebutan desa tersebut dulunya karena dulunya memiliki Hutan Ngemplang (hutan dengan air yang melimpah).

“Saat ini kondisi Hutan di Kampung Ngamplang sudah memprihatinkan. Semoga dengan reboisasi ini, Hutan Gunung Batu menjadi ngemplang seperti dahulu," pungkasnya.

Sekedar diketahui, tak kurang dari 500 orang mengikuti kegiatan ini termasuk para guru pendamping sekolah tersebut. Hadir juga Camat Cikajang Undang Saripudin, S.Sos, M.Si, Danrami 1116/Cikajang yang diwakili Serka M. Nur Angkotasan, Kades Cibodas Aip, S.H.I, KKM Banyuasih, JPKP, serta Satgab-BN. (Cepi/Aan/Red)

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2