Perlancar Pengairan, Babinsa dan Masyarakat Kalipurwo Bersihkan Saluran irigasi


Kebumen, Jateng | IMC - Guna memperlancar  saluran irigasi, Babinsa Kalipurwo Koramil 19 /Kuwarasan Serda Jumadi bersama warga masyarakat desa Kalipurwo melaksanakan kegiatan Pembersihan saluran irigasi tersier di desa Kalipurwo Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen, Minggu (02/02/2020).

Kerjabakti Gotongroyong ini di hadiri oleh Kades, Kadus 2, Ketua RT dan warga masyarakat RT 02 RW 3 hadir kurang lebih 50 orang.

“Kegiatan Kerjabakti pembersihan saluran irigasi  ini kita lakukan adalah dengan membersihkan sampah sampah dan rumput liar yang tumbuh lebat baik di kanan kiri tanggul maupun di dalam saluran yang menutup saluran irigasi ini, mereka terlihat penuh semangat membersihkan sampah dan rumput liar yang menghalangi saluran irigasi ini, meski dengan peralatan yang ada, namun hasilnya cukup menggembirakan. Kegiatan yang dilakukan dengan cara gotong royong ini merupakan wujud sinergitas Babinsa, masyarakat dan Pemdes dalam perannya untuk menyukseskan program swasembada pangan yang tentunya hasilnya juga akan kembali ke warga masyarakat” tutur Jumadi

Komandan Koramil 19/ Kuwarasan Kapten Arh Siswoto Nurharjo Secara terpisah mengatakan, "Kegiatan Karya bakti oleh Babinsa bersama masyarakat ini adalah merupakan kegiatan Pembinaan Bakti TNI dalam rangka mewujudkan dan memantapkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat " terang Danramil.

Lebih lanjut Kades Kalipurwo, Yuli Stianto yang di hadiri Kadus dan Ketua RT setempat yang memimpin langsung warganya di lokasi mengatakan, ”Pembersihan ini tepat dilakukan saat memasuki musim hujan dan warga masyarakat khususnya para Petani sangat membutuhkan pengairan yang lancar  untuk  lahan sawah mereka,  karena saat ini sudah mulai pada tahap pengolahan lahan, penyemaian dan memasuki musim tanam padi di lahan persawahan khususnya di wilayah desa Kalipurwo".

Sementara Babinsa Kalipurwo Serda Jumadi menambahkan, "Semoga dengan kegiatan pembersihan rumput liar dan sampah di sungai / saluran irigasi ini mudah-mudahan air lancar mencukupi kebutuhan para petani"

Alkhamdulillah pembersihan cepat selesai, kita bekerja telah maksimal dengan penuh semangat dan gotong royong, mari kita rawat dan pelihara saluran  irigasi ini biar lancar agar kedepannya dan dilihat juga kelihatan bersih, rapi dan tidak terkesan kumuh.” pungkas Jumadi. (Sty)


Sumber : Pendim Kebumen

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال