Peduli Lingkungan, Koramil 04/Karanganyar Berantas Sarang Nyamuk

SHARE:

Kebumen, Jateng | IMC - Langkah antisipasi penyakit menular demam berdarah (DB) dan yang disebabkan nyamuk aedes aegypti pembawa virus d...


Kebumen, Jateng | IMC - Langkah antisipasi penyakit menular demam berdarah (DB) dan yang disebabkan nyamuk aedes aegypti pembawa virus dengue semakin menyebar. Atas dasar itu Pemkab Kebumen menggelar program “Gerakan Serentak Pemberantasan Sarangan Nyamuk (PSN)”. Kegiatan ini serentak diselenggarakan diseluruh Kecamatan se Kab. Kebumen.

Hal itu juga dilaksanakan di wilayah Kec. Karanganyar Kab. Kebumen melalui program kegiatan kecamatan dengan menggandeng seluruh stake holder terkait “Gerakan Serentak Pemberantasan Sarangan Nyamuk (PSN)” yang dipusatkan di RW 01 dan RW 06 Kelurahan Karanganyar, Jumat (07/02/20).

Kegiatan ini diikuti oleh Camat Karanganyar, Koramil Karanganyar, Polsek Karanganyar, Puskesmas Karanganyar, Dinas UPT se-Kec. Karanganyar, Pemerintah Kel. Karanganyar, Warga Kelurahan Karanganyar, Kader FKD Kelurahan Karanganyar dan Siswa Pramuka yang tergabung dalam wadah Saka Bhakti Husada.

Menurut Serma Sularso, “Kegiatan PSN ini merupakan kegiatan guna mencegah penyebaran penyakit demam berdarah akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti. PSN juga bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran nyamuk aedes aegepty. Penyebaran penyakit demam berdarah (DB) ini dapat dicegah dengan kesadaran masyarakat untuk bersihkan lingkungan, bahkan bisa dilakukan sekali seminggu dalam 30 menit saja sudah cukup mencegah timbulnya jentik nyamuk untuk berkembang biak.” katanya.

Kegiatan PSN di wilayah RW 01 dan RW 06 dilakukan dengan memeriksa tempat-tempat yang memungkinkan dijadikan sarang nyamuk dan tempat berkembangnya jentik-jentik seperti bak penampungan air dan tempat-tempat bekas yang adanya genang air serta mensosialisasikan program 3M plus, yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, mendaur ulang sampah plus melakukan upaya pencegahan lainnya. (S)

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2