Menuju Satu Data, Babinsa Koramil Kuwarasan Hadiri Sosialiasi Sensus Penduduk 2020

SHARE:

Kebumen | Jateng, IMC - Membantu pemerintah Daerah dalam menuju satu data dalam kependudukan, Babinsa Koramil 19/Kuwarasan, Kodim Kebume...



Kebumen | Jateng, IMC - Membantu pemerintah Daerah dalam menuju satu data dalam kependudukan, Babinsa Koramil 19/Kuwarasan, Kodim Kebumen, Serda Teguh Raharjo menghadiri sosialisasi sensus Penduduk tahun 2020 yang di gelar di Pendopo Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen.

Sosialisasi sensus penduduk penduduk tersebut dilakukan oleh BPS Kabupaten Kebumen, dan dikuti unsur Forkompincam Kuwarasan, UPT Puskesmas dan Kades se Kecamatan Kuwarasan untuk menuju satu data kependudukan Indonesia.

“Kami dari aparat TNI tentunya mendukung segala upaya yang dilakukan pemerintah baik pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat dalam rangka menuju satu data kependudukan Indonesia yang tertib,” ujar Babinsa Koramil Kuwarasan, Serda Teguh Raharjo, Kamis (20/2/2020).

Menurut Kepala BPS Kebumen yang disampaikan Agus, "Saat ini sebagian besar institusi yang memerlukan data kependudukan telah secara online memanfaatkan Data Penduduk Tunggal dari Kementerian Dalam Negeri. Data kependudukan dari Kemendagri menjadi sumber acuan bagi berbagai kepentingan, baik pemerintah maupun non pemerintah.
Perlu saya sampaikan, " Sejumlah 1.388.490 jiwa (terdiri dari 704.508 laki-laki dan 683.982 perempuan) telah tertunggalkan di Kemendagri menjadi penduduk Kebumen pada tanggal 31 Desember 2019", ujar Agus.

Berkait dengan hal ini, masyarakat perlu terus diingatkan, bahwa setiap penduduk wajib memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang didapatkan secara sistemik pada saat pertama kali melakukan pelaporan kependudukannya dan berlaku tetap untuk seterusnya.

Penduduk berhak atas layanan yang sama dan dokumen kependudukannya dari proses pelaporan tersebut.  Untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan dan memudahkan akses masyarakat terhadap layanan administrasi kependudukan.

Disdukcapil Kabupaten Kebumen bekerjasama dengan Diskominfo dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah telah melangkah menuju era "DUKCAPIL GO DIGITAL EL" dengan membuka pelayanan secara online administrasi kependudukan. Yakni melalui http://pelayanan-kependudukan.kebumenkab.go.id. Juga bersama Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Telah membuka layanan serupa melalui https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id. Dengan pelayanan terebut, penduduk akan mendapatkan solusi hemat waktu dan biaya. Dimana penduduk bisa mencetak secara mandiri dokumen kependudukannya sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri Nomor 7 tahun 2019 tentang Pelayanan Administasi Kependudukan Secara Daring.

Kita juga gembira, saat ini Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada tahun 2020 telah menyediakan Blangko KTPel yang cukup. Sehingga penduduk tidak perlu resah lagi dalam memperoleh KTP. Untuk pelayanan pencetakan KTP-el sendiri, saat ini juga bisa dilayani di 12 Kecamatan yakni: Kecamatan Prembun,  Kecamatan Mirit,  Kecamatan Kutowinangun,  Kecamatan Ambal,  Kecamatan Alian,  Kecamatan Karangsambung,  Kecamatan Sruweng, Kecamatan Adimulyo,  Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Gombong,  Kecamatan Buayan, dan Kecamatan Ayah. Pelayanan semuanya sehari jadi.

Selanjutnya, " Pemkab Kebumen melalui Disdukcapil juga memberikan pelayanan akta kelahiran dan kematian bidang pelayanan pencatatan sipil. Di antaranya dengan melalui beberapa inovasi yakni,  Program lnovasi Baladewa Lahir (Bayi Lahir dengan Membawa Akta Kelahiran),             Pelayanan Akta Kelahiran di Kecamatan (Pelayanan Akta Kelahiran Usia 0-3 Tahun sudah dilaksanakan di 26 Kecamatan), Pelayanan Jemput Bola di Desa untuk semua usia dan Pelayanan Akta Kematian di 26 Kecamatan se Kabupaten Kebumen.” tandas Agus.

Pada kesempatan yang sama Babinsa Serda Teguh Raharjo menambahkan,“Informasi baik ini harus sampai hingga tingkat bawah, untuk itu peran para Ketua RT agar bekerja lebih aktif agar informasi tidak terhenti sampai disini, untuk itu kami Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan mengawal terus proses sensus penduduk ini guna mencapai data yang akurat.” imbuh  Teguh. (Sty)



Sumber: Pendin Kebumen

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2