Maju Mundurnya Koperasi Tergantung Anggotanya


Semarang | Jateng, IMC - Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi merupakan forum tertinggi yang menjadi penentu baik buruknya koperasi kedepan. RAT juga merupakan wujud pertanggungjawaban pengurus dalam mengelola koperasi dalam setahun terkhir.

Koperasi bukan milik pengurus, pembina atau pengawas saja, tetapi milik seluruh anggota. Maju mundurnya koperasi sangat tergantung oleh peran aktif anggota koperasi itu sendiri.

“Bagaimana mungkin koperasi kita akan maju kalau kita sebagai anggota tidak belanja di koperasi”, tegas Kapendam IV/Diponegoro Letkol Kav Susanto, S.I.P., MA.P., saat membuka RAT ke XXXV tahun buku 2019 Primkop S-17 Warastra Pendam IV/Diponegoro di Aula Pendam, Rabu (26/02/2020).

Letkol Susanto, juga mengingatkan bahwa pengurus juga memiliki andil yang besar dalam memajukan koperasi. Oleh karena itu, siapapun yang dipilih sebagai pengurus dan pengawas koperasi harus siap menjalankan kewajibanya dengan baik.

“Saya berharap RAT kali ini dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Dan semua pengambilan keputusan dilaksanakan dengan musyawarah untuk mufakat demi kemajuan koperasi dan kesejahteraan kita bersama”, pungkas Kapendam.


Kadis Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang yang diwakili Tomi Prayitno mengpresiasi Primkop S-17 Warastra Pendam IV/Diponegoro yang mampu melaksanakan RAT tepat waktu. Selain itu, secara kelembagaan Koperasi Pendam juga telah memenuhi kriteria baik, karena telah memiliki NPWP, SIUP dan sehat secara permodalan.

Dirinya berharap ke depan Primkop S-17 Warastra Pendam IV/Diponegoro dapat lebih update dan bisa memodernisasikan sesuai dengan perkembangan jaman.

“Primkop S-17 Warastra Pendam IV/Diponegoro harus bisa lebih update dalam pembuatan neraca rugi laba. Dan di era digital saat ini, Primkop juga harus bisa memodernisasi dirinya dengan mencari terobosan-terobosan baru seperti fasilitas belanja online dan sebagainya”, ujar Tomi.

Selain diikuti oleh anggota Pendam, RAT Primkop S-17 Warastra Pendam IV/Diponegoro juga dihadiri oleh Kabid Usaha Puskop Kartika Kodam IV/Diponegoro Mayor Inf Amarullah dan Febrian dari Dinas Koperasi sebagai peninjau. (Sty)



Sumber: Pendam IV/Dip

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال