Cegah Merebaknya Penyakit Demam Berdarah, Babinsa Bersama Petugas Puskesmas, Fogging Desa Karangpakis


Cilacap, Jateng | IMC - Cegah merebaknya penyakit Demam Berdarah (DBD), Babinsa Karangpakis Koramil 05/Nusawungu Sertu Bahrul Ulum turun langsung dampingi pelaksanaan Fogging di RT. 01 dan RT. 24, RW. 04 Dusun Siduren, Desa Karangpakis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Rabu (05/2/20).

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara Pemerintahan Desa Karangpakis dengan Dinas Kesehatan Puskesmas II Nusawungu. Turun pula dilapangan sejumlah pegawai dari Dinas Kesehatan Puskesmas II Nusawungu diantaranya Udi Hartono dan Rina Febriyani. Sementara dari desa, Kepala Desa di wakili Kasi Kesejahteraan Rofinindo, Bidan Desa Warasti, Kepala Dusun Siduren Marsito dan beberapa warga Desa Karangpakis lainnya.

Terkait kegiatan ini, pihak desa telah mensosialisasikan penyemprotan ini kepada warganya termasuk Sertu Bahrul. Selaku Babinsa, dirinya telah berulang kali mengingatkan kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya termasuk menimbun barang-barang bekas seperti kaleng dan botol yang sudah tidak terpakai, menyingkirkan genangan air, selokan/parit dan membuang sampah pada tempatnya.

" Kita selalu aktif menghimbau warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya termasuk menimbun barang-barang bekas seperti kaleng dan botol yang sudah tidak terpakai. Dan untuk kegiatan fogging pun kita telah sosialisasikan kepada warga. Semua itu agar wilayah ini terhindar dari penyakit demam berdarah," ucap Sertu Bahrul.

Selain itu, kita juga harus perduli terhadap lingkungan dan terus berperan aktif di masyarakat yang salah satunya membantu dinas kesehatan melakukan penyemprotan/fogging dan sosialisasi kepada masyarakat tentang penyebab penyakit yang berbahaya bagi manusia, seperti demam berdarah, malaria, chikungunya dan masih banyak lagi jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh nyamuk. " Kebersihan lingkungan salah satu faktor utama untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk," tandasnya

Petugas Kesehatan dari Puskesmas II Nusawungu Udi Hartono mengungkapkan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Babinsa yang telah membantu untuk melakukan sosialisasi dan penyemprotan di Desa Karangpakis Kecamatan Nusawungu. "Tidak bisa dipungkiri, peran Babinsa sangat besar bagi kemajuan warga desa khususnya kami selaku petugas dari Puskesmas. Mereka selalu ada dal as m setiap kegiatan termasuk kegiatan fogging seperti saat ini, " ungkapnya. (Sty)


Sumber : Pendim Cilacap

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال